fbpx
Nasional

Cek di Sini, Tes GeNose Ada di Stasiun Mana Saja?

ENERGIBANGSA.ID—Alat tes Covid-19 lewat hembusan napas buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) GeNose sudah bisa dimanfaatkan oleh para penumpang jarak jauh.

Selain pernah diterapkan di Terminal bus Pulo Gebang Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. Alat tes GeNose, buatan dalam negeri itu  juga digunakan untuk mengecek penumpang kereta api.

Lantas, di stasiun mana saja alat tes Covid-19 GeNose itu digunakan?

Menurut keterangan dari VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI), Joni Martinus, seperti dilansir dari detikhealth, Kamis (11/2/2021),tes GeNose saat ini bisa ditemukan di empat stasiun kereta api:

  • Stasiun Senen
  • Stasiun Gambir
  • Stasiun Tugu Yogyakarta
  • Stasiun Solo Balapan.

“Hari ini yang awalnya kita jadwalkan hanya dua yaitu di Stasiun Senen dan Stasiun Yogyakarta. Hari ini sudah bertambah dua lagi, ada di Gambir dan Solo Balapan,” kata Joni kepada wartawan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021) pekan lalu.

Joni memaparkan, nantinya PT KAI akan terus menambah jumlah stasiun yang melayani tes GeNose.

Pasalnya, tarif layanan tes COVID-19 dengan cara embusan napas ini jauh lebih murah dibandingkan tes lainnya, yakni Rp20.000 per orang.

“Yang jelas stasiun-stasiun yang mobilitas penumpangnya tinggi, itu yang kita utamakan. Bisa saja nanti di Surabaya, Cirebon, itu beberapa opsi yang akan kita tambahkan nanti,” ucap Joni. (*)

Related Articles

Back to top button