fbpx
Kabar Daerah

Cegah Miskomunikasi, FKUB Kudus Gencar Sosialisasi Pendirian Rumah Ibadah

KUDUS, energibangsa.id—Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kudus akhir-akhir ini gencar melakukan sosialisasi prosedur operasional standar (SOP) berkenaan dengan pendirian rumah ibadah.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus Hartopo saat pemaparan SOP pendirian rumah ibadah di Pendapa Belakang Kabupaten Kudus, Kamis (18/3/2021).

Menurutnya, masyarakat desa terkadang paham adanya SOP pendirian rumah ibadah. Dengan pemahaman SOP tersebut, diharapkan tidak ada pendirian rumah ibadah tanpa dasar yang jelas.

“FKUB harus gencar sosialisasi SOP pendirian rumah ibadah ke masyarakat, agar tidak ada miskomunikasi,” ucapnya.

Dorong lakukan musyawarah desa

Ditambahkan, musyawarah desa juga memegang peranan penting dalam mempersiapkan rumah ibadah.

Di mana, masyarakat dapat berdialog langsung dan mengutarakan sarannya.

Berbagai perwakilan masyarakat juga harus diundang, agar pendirian rumah ibadah dapat disetujui semua pihak.

Kalau sudah diputuskan, Hartopo meminta kedua pihak harus legawa menerima keputusan.

“Musyawarah desa harus dilakukan. Dari sanalah, masyarakat dan panitia pendirian rumah ibadah dapat duduk bersama dan berdialog. Selanjutnya, keputusan dari musyawarah harus diterima dengan lapang dada, ”terangnya.

Ketua FKUB Kabupaten Kudus Ihsan menyampaikan, pihaknya akan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait SOP pendirian rumah ibadah.

“Saat ini FKUB dan Kesbangpol sedang melaksanan dialog dengan masyarakat di kecamatan. Kami akan terus menyosialisasikan ketentuan SOP, untuk mencegah disharmonis dan kerukunan antarumat beragama, ”ujarnya. (dd)

Related Articles

Back to top button