Cegah Kekeringan, BPBD Temanggung Bangun Pipanisasi (Foto: Radar Bromo)
Cegah Kekeringan, BPBD Temanggung Bangun Pipanisasi (Foto: Radar Bromo)
Kabar Indonesia

Cegah Kekeringan, BPBD Temanggung Bangun Pipanisasi

0

ENERGIBANGSA.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah akan mengupayakan pembangunan pipanisasi di sejumlah desa.

Untuk menyukseskan pembangunan ini, BPBD Temanggung telah mengajukan dana pipanisasi senilai Rp2.9 miliar ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Total dana yang kami ajukan untuk pipanisasi di lima desa tersebut Rp2.9 miliar. Termasuk untuk perlengkapan lainnya seperti pembuatan bak penampung air,” ujar Gito Walngadi, Plt BPBD Temanggung mengutip dari bisnis.com.

Adapun tujuan pembangunan pipanisasi ini adalah untuk mengurangi titik distribusi bantuan air bersih yang terjadi setiap musim kemarau.

Bantuan air bersih dari BPBD (Foto: Kumparan)

Gito menuturkan bahwa daerah rawan kekeringan tahun ini masih sama seperti tahun kemarin. Yakni meliputi 12 kecamatan yang terdiri atas 40 desa dan tersebar di 129 dusun.

Namun daerah yang diusulkan untuk program pipanisasi baru terbatas untuk lima desa. Antara lain Desa Batursari di Kecamatan Candiroto, Desa Gedekan di Kecamatan Tlogomulyo, Desa Ngropoh, Desa Gentan, Desa Kemloko di Kecamatan Kranggan.

Untuk Desa Gedekan rencananya menggunakan sumur bor, sedangkan empat desa lainnya mengambil air dari mata air dengan sistem grafitasi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh energibangsa.id, jarak sumber air ke masing-masing desa sengaja dibangun tidak terlalu jauh. Dengan berkisar antara 3-11 kilometer, diharapkan sumber air dapat terbagi merata.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Bidik Pasar Halal, BSM dan Tokopedia Kembangkan E-commerce Syariah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.