Kabar Indonesia

Cegah CyberBullying, Instagram Bikin Fitur Ini….

ENERGIBANGSA.ID – Media sosial merupakan tempat bagi setiap orang untuk bebas mengekspresikan dirinya. Namun beberapa waktu belakangan media sosial disalah artikan oleh beberapa orang untuk menjadi tempat Cyber bullying.

“Cyberbullying merupakan tindak intimidasi, penganiayaan atau pelecehan disengaja melalui internet yang kerap dialami oleh anak-anak dan remaja. Untuk menghindari  hal tersebut peran orang tua sangat dibutuhkan,” ucap dr MM Nilam Widyarini, MSi, dilansir tim energibangsa.id dari liputan6.com

Saat ini cyber bullying memang sedang marak terjadi di dunia maya. Lantas hal ini membuat beberapa pengguna media sosial menjadi resah.

Pasalnya banyak orang yang tidak menyadari bahayanya atau dampak dari kekerasan dunia maya tersebut. Padahal bahaya cyber bullying disebut-sebut bisa membuat sang korban merasa depresi dan lebih parahnya ingin bunuh diri.

Dalam rangka melawan hal tersebut, Instagram salah satu media sosial telah mengumumkan bahwa ada dua fitur baru yang akan tersedia di platformnya. Fitur pertama adalah pencegahan komentar negatif.

Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI), fitur ini akan memberikan peringatan kepada penggunanya ketike mereka ingin memberikan komentar negatif di sebuah postingan Instagram milik orang lain.

Misalnya, ketika seseorang ingin mem-posting komentar seperi “You are so ugly and stupid”, maka akan dengan sendirinya muncul teks di bawah postingan tersebut yang berbunyi “Kamu yakin mau memposting ini?”.

salah satu potret fitur baru yang akan diluncurkan instagram. (dok. kompas)

Lalu setelah itu jendela pop-up yang berbunyi “Kami meminta orang untuk memikirkan kembali komentar yang tampaknya mirip dengan yang telah dilaporkan.” akan muncul di layar.

Dengan begitu, kolom komentar postingan Instagram bisa lebih bersih dari komentar-komentar yang berbau ofensif dan negatif.

Selain itu pengguna juga bisa meng-klik kalimat “Let us know” apabila komentar mereka tidak bernada menjatuhkan sesama pengguna Instagram.

Kemudian fitur kedua adalah Restrict. Seperti namanya, fitur ini bisa membatasi pengguna Instagram lain untuk berkomentar di postingan Instagram milik pengguna.

Fitur ini juga memungkinkan komentar di sebuah postingan Instagram hanya dilihat oleh pemilik postingan dan pemberi komentar saja.

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna cukup memilih komentar yang ingin dibatasi dan pilih opsi “Restrict Account”.

Komentar yang dibatasi tersebut hanya akan bisa dilihat oleh seseorang yang memberi komentar semata. Artinya orang lain tidak akan bisa melihat komentar tersebut,

Yang lebih pengguna yang dibatasi komentarnya ini tidak akan tahu bahwa mereka telah “diblokir” oleh pemilik postingan.

Pengguna yang dibatasi komentarnya juga tidak akan tahu kapan sang pemilik postingan aktif di Instagram. Bahkan telah membaca Direct Message sang pemberi komentar di platform tersebut.

Untuk ketersediaan, sebagaimana yang tim energibangsa.id kutip dari kompas.com, fitur peringatan komentar ofensif tengah digulirkan oleh Instagram ke beberapa pengguna.

Sedangkan untuk fitur “Restrict” saat ini masih belum diluncurkan sebab bakal diuji coba terlebih dahulu untuk kemudian dikembangkan.

Related Articles

Back to top button