fbpx
Kabar Daerah

Cegah Covid-19, Pengelola Wisata di Jepara Diminta Pasang Spanduk “Ditutup”

JEPARA, energibangsa.id –  Objek wisata di Jepara diminta memasang spanduk (banner) yang bertuliskan objek wisata ditutup. Penutupan ini dilakukan selama libur natal dan tahun baru untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Dilansir dari Antara, Minggu (27/12), surat edaran telah diberikan kepada pengelola objek wisata  agar menutup sejak 25 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021 mendatang serta memasang spanduk ditutup.

Selama ini, objek wisata yang dikelola pemerintah sudah dipasang semua. Sedangkan yang dikelola swasta, masih belum dimonitor apakah sudah terpasang semua atau belum.

Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jeapra, Nur Zuhruf mengatakan, selama ini pihaknya sebatas memberikan pembinaan. Untuk penerapan protokol kesehatan, sudah menjadi kewenangan Satpol PP dengan instansi lain yang tergabung Tim Satgas Covid-19.

Salah satu contoh objek wisata di Jepara yang masih buka yaitu Karimunjawa. Namun, pengunjung diharuskan membawa surat hasil tes rapid antigen non reaktif Covid-19. Juga di Karimunjawa selama ini telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Kasus Karimunjawa nihil

Kasus Covid-19 di Karimunjawa sejauh ini masih nihil dan patut dipertahankan. Ini merupakan Kerjasama yang baik antara wisatawan dan juga warga lokal untuk selalu menerapkan protokl kesehatan.

Sesuai dengan surat ederan bahwa harus memasang tulisan tutup di pintu masuk sudah diterapkan di beberapa objek wisata di Jepara. Seperti di Pantai Kartini dan Pantai Blebak Sekuro, Kecamatan Mlonggo.

Sedangkan objek wisata yang terpantau belum memasang banner ditutup masih terlihat di kawasan desa wisata di Desa Tempur dan Desa Kelet. Di Desa Kelet ini terdapat wisata Rolet (Klero-Kelet), Kecamatan Keling.

Berdasarkan pengamatan selama ini juga, wisatawan dari berbagai daerah terlihat masih banyak yang berkunjung. Baik menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat. (*)

Related Articles

Back to top button