fbpx
Nasional

Cegah Corona, Ketua Umum DPP IKA Unnes Himbau Alumni Ikuti Petunjuk Pemerintah

ENERGIBANGSA.ID, SEMARANG – Ketua umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Alumni Universitas Negeri Semarang (IKA UNNES) Dr Drs Budiyanto SH MHum mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

“Kita harus mendukung upaya-upaya pemerintah dalam menangani pandemi corona,” kata senior kepemudaan Jawa Tengah ini dalam siaran persnya di Semarang, Selasa (24/3/2020).

Oleh karena itu, ia mengimbau agar semua alumnus UNNES (dulu IKIP Negeri Semarang) untuk melakukan tindakan-tindakan pencegahan, “Kita semua harus kompak mencegah virus tersebut agar tidak tidak semakin meluas sebarannya,” ucap aktifis yang pernah menjadi ketua DPD KNPI Jawa Tengah.

Caranya, lanjutnya, dengan mengikuti imbauan pemerintah untuk menjaga diri dan keluarga diantaranya dengan membiasakan pola hidup sehat, jangan keluar rumah, dan menghindari kerumunan orang banyak (mengisolasi diri). Mengenakan masker kesehatan saat berinteraksi dengan orang luar rumah dan menggunakan hand sanitizer ketika akan bersentuhan dengan orang lain.

“Kalau terpaksa harus keluar rumah ya harus savety, pake masker standar dan gunakan hand sanitizer, kembali ke rumah pakaian langsung proses ke mesin cuci,” tegasnya.

Mantan Anggota DPRD Jateng ini melanjutkan, untuk memantau perkembangan situasi terkini ia mewanti-wanti supaya mengikuti siaran pers yang bersumber dari Presiden, Mendagri, Kapolri, MUI, Gubernur, Bupati/Walikota, para Dokter dan Tokoh Ahli Virus.

“Yang utama, akseslah info dari sumber-sumber resmi miliki pemerintah. Jangan sampai termakan hoax atau berita yang tidak memiliki kejelasan sumbernya,” tandasnya

Selain itu, Budiyanto juga berharap agar para tokoh Agama/Ulama menyerukan hal senada terkait informasi terbaru berkenaan dengan perkembangan situasi terkini, “para tokoh masyarakat dan agamawan hendaknya juga turut menyosialisasikan sesuai petunjuk pemerintah,” harapnya.

Perlu diketahui, Corona telah memakan banyak korban di Indonesia dan bahkan beberapa negara di belahan dunia, baik masyarakat umum maupun tenaga medis. Bahkan beberapa pejabat publik kita juga menjadi pasien yang harus dirawat secara khusus. Meski demikian, ia meminta untuk menjaga kondusifitas lingkungan masyarakat.

“Perlu dingat juga, kita semua harus tetap tenang, rileks, jangan panik namun tetap waspada dalam menghadapi virus corona. Yakinlah bahwa semua ini adalah ujian dari Allah agar kita menjadi insan yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Karena itu, imbuhnya, gunakanlah waktu isolasi diri dengan melakukan refleksi diri, memperbanyak ibadah dan doa untuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa, “Mari kita bersama dengan penuh pengharapan, mohon perlindungan dan keselamatan diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Back to top button