fbpx
Nasional

CDC: Aturan Jaga Jarak Berubah Jadi 1,8 Meter, Simak Selengkapnya

SEMARANG, energibangsa.id – Adanya temuan baru mengenai penyebaran virus Covid-19 membuat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melakukan perubahan pada aturan sebelumnya.

Jika sejak awal kriteria kontak dekat adalah 1 meter, maka kini kriteria kontak dekat yang diberlakukan adalah jarak 1,8 meter (6 kaki), jangka waktu 15 menit atau lebih dengan orang yang telah positif Covid-19.

Hal tersebut dilakukan untuk menambah pengetahuan terkait risiko terjangkit penularan virus Corona.

Adanya pembaruan pada pedoman ini karena ditemukannya kasus seorang petugas penjara yang diketahui positif Covid-19 setelah hasil tes keluar. Diketahui jika petugas tersebut sebelumnya melakukan 22 interaksi dengan narapidana yang juga diketahui positif Covid-19.

Berdasarkan laporan dari CDC dan pejabat kesehatan di Vermont, pada saat melakukan interaksi, petugas tersebut telah menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, alat pelindung diri hingga mata.

Interaksi yang dilakukan berlangsung selama delapan jam, atau selama 17 menit per kontaknya.

“Adanya kasus ini telah menambah pengetahuan ilmiah terkait risiko dari kontak dekat dengan seseorang yang positif COVID-19, dan memperjelas kembali bagaimana pentingnya untuk selalu menggunakan masker sebagai langkah mencegah penularan,” ujar CDC sebagaimana dikutip dari New York Post, Kamis (22/10/2020).

Seorang ahli epidemiologi yang berasal dari Johns Hopkins Centers for Health Security, Caitlin Rivers, mengungkapkan jika definisi baru berkaitan dengan kontak dekat ini menjadi hal yang penting sebagai langkah pencegahan penyebaran virus.

“Saya berharap (pedoman) ini akan memudahkan untuk menemukan banyak orang yang diidentifikasi sebagai kontak dekat,” tuturnya.

Selain adanya pembaruan kontak dekat, CDC juga sudah mengeluarkan panduan baru mengenai penggunaan masker wajah ketika berada di angkutan umum.

CDC mendesak penumpang dan pekerja untuk selalu memakai penutup wajah selama perjalanan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

CDC membagikan pembaruan pada hari Senin (19/10) lalu dengan memberi nasihat kepada masyarakat yang bepergian melalui udara, laut dan darat, serta pejabat dan anggota kru yang mengoperasikan transportasi untuk tetap mengenakan masker.

Terutama jika berada di transportasi umum, maka risiko terkena Covid-19 menjadi lebih tinggi sehingga dibutuhkan kesadaran dari diri sendiri untuk selalu menaati protokol kesehatan.

(Tata/EB).

Related Articles

Back to top button