fbpx
KesehatanRagam Bangsa

Catat! Ini Dia Pemicu Kanker Prostat Seperti Diderita Arswendo

ENERGIBANGSA.ID – Arswendo Atmowiloto, sosok yang sangat kontroversial ini melepas napas terakhirnya setelah bergelut dengan penyakit yang ditakuti oleh para pria. Selama tiga bulan terakhir, Arswendo telah berusaha menjinakkan kanker prostat yang dia derita, namun ternyata takdir berkata lain.

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang sering menghampiri para pria seiring bertambahnya usia. Secara ilmiah, penyebabnya adalah adanya perubahan atau mutasi genetik pada sel di dalam kelenjar prostat. Mutasi ini menyebabkan sel tersebut berkembang secara tidak normal dan membentuk sel kanker.

Gejala kanker prostat ditunjukkan dengan sulit berkemih, nyeri saat berkemih, keluar darah saat berkemih, sulit ereksi, darah pada sperma, dan nyeri pada punggung bawah, panggul, atau paha dalam bagian atas.

[Baca juga: Kenali Gejala Kanker Paru-Paru, Penyakit yang Didera Sutopo Purwo Nugroho]

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat, seperti usia, obesitas, riwayat kesehatan, keluarga, dan pola makan.

Tak hanya itu, kanker prostat juga bisa muncul karena kebiasaan kaum Adam yang kurang baik dalam menjaga kesehatan.

Tim Energi Bangsa telah menghimpun beberapa pemicu kanker prostat dari kebiasaan buruk yang sebaiknya Sobat Energi hentikan. Berikut rangkumannya.

[Baca juga: Rajin Bangun Pagi Minimalkan Risiko Kanker Payudara pada Wanita]

Jarang ganti celana dalam

Dikutip dari Prostatecanceruk, terdapat sebuah penelitian tentang kebiasaan dalam mengganti celana dalam pada warga Inggris. Hasilnya ditemukan bahwa sepertiga pria Inggris tidak pernah mengganti celana dalam yang mereka pakai.

1 dari 40 pria Inggris mengaku menggunakan celana dalam dengan jangka waktu yang cukup lama sebelum akhirnya mengganti dengan celana dalam yang baru dan bersih. Padahal, celana dalam berhubungan langsung dengan organ vital pria.

Apabila celana dalam tidak diganti dalam waktu yang lama, maka dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan jamur yang meningkatkan risiko kanker prostat.

Malas menggunakan celana dalam

Selain jarang mengganti celana dalam, kebiasaan buruk lainnya dari para pria adalah malas menggunakan celana dalam.

Ketika pria tidak menggunakan celana dalam, maka kantung skrotum atau kulit pembungkus testis akan langsung menempel pada celana, sehingga kurang terlindungi.

Hal itu menyebabkan pada tekanan di kelenjar prostat. Efek jangka panjangnya dapat menimbulkan pembesaran prostat.

Radiasi cahaya gawai elektronik

Bahaya! Jangan Bersihkan Layar Ponsel dengan Benda Ini (Foto: Detik)
Bahaya paparan cahaya dari ponsel (Foto: Detik)

Tubuh seseorang yang terpapar cahaya radiasi dari gawai pada malam hari hingga tiga jam lebih juga dapat menimbulkan risiko kanker postat.

Para ilmuwan menduga paparan cahaya dari ponsel, laptop, televisi, dan sebagainya bisa menekan produksi hormon melatonin untuk mengontrol tidur.

Penelitian dari Harvard University menunjukkan, seorang pria yang memiliki hormon melatonin cukup tinggi memiliki kecenderungan kanker prostat lebih rendah dibanding pria yang kekurangan melatonin.

Merokok

Meski rokok menyumbang pendapatan cukai cukup besar, namun konsumsi rokok kurang baik bagi kesehatan. Dari data kematian akibat kanker di Amerika Serikat, kebiasaan merokok pada kaum pria berkontribusi sekitar sepertiga bagian.

Konsumsi makanan junk food

Mengonsumsi makanan junk food memang menyenangkan. Selain cepat disajikan, makanan ini juga memiliki rasa yang nikmat. Salah satunya adalah burger.

Catat! Ini Dia Pemicu Kanker Prostat Seperti Diderita Arswendo
Burger, junk food yang nikmat namun berbahaya bagi kesehatan (Foto: Burger King)

Ketika burger dimasak pada suhu tinggi, maka akan terbentuk zat kimia yang telah terbukti menyebabkan perubahan dalam DNA dan dapat meningkatkan risiko kanker.

Paparan terhadap salah satu bahan kimia tersebut yang bernama amina heterosiklik, atau HCA, terbentuk dalam daging yang dimasak 300° F dan lebih panas dapat mengarah pada perkembangan tumor di prostat, serta payudara, kolon, dan organ lainnya.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya Sobat Energi hindari. Tubuh kita adalah otoritas kita, jadi buatlah otoritas yang bijak untuk saat ini dan masa depanmu.

Related Articles

Back to top button