Sambat

Catat! Begini cara Sambat yang Baik

ENERGIBANGSA.ID – Sambat sangat melekat dengan kehidupan setiap orang apalagi sudah menjadi kebiasaan untuk tiada hari tanpa mengeluh bahkan masalah kecil juga kerap kali dikeluhkan atau karena merasa kecewa atau kurang puas terhadap keadaan yang menimpanya.

Tidak ada larangan untuk bebas dalam sambat, tetapi harus diperhatikan bahwa tidak selamanya sambat memberikan dampak yang baik untuk diri kita dan orang lain. Hayo sobat energi pasti sering sambat kan?

Perlu diingat bahwa kebiasaan sambat membuat kita membuang waktu, sulit dipercayai, sulit berkembang karena yang ada malah membuat tambah stress dan hati menjadi capek sendiri. Apalagi terkadang sangat tidak disukai oleh orang lain karena orang lain juga memiliki masalah yang sama atau bahkan lebih berat. Tidak hanya itu, dengan sambat juga dapat mempengaruhi kesehatan bagi tubuh seperti resiko jantung, tempramen dan masih banyak yang lainnya.

Berikut Tim Energi bangsa merangkum beberapa cara sambat yang baik untuk dijadikan contoh Sobat Energi

Sabar
Harus mampu untuk menahan diri sampai batas kemampuan, pasrah dan mau menerima keadaan karena biasanya sabar adalah kunci utama untuk memberikan ketenangan pada pikiran dan tubuh agar tidak gampang marah dan cepat mengambil keputusan dengan memperhatikan lingkungan sekitar beserta dampak yang ditimbulkan.

Bercerita Dengan Orang Terpercaya
Jika sudah tidak dapat menahan sabar bisa cerita kepada orang yang terpercaya dengan mulai belajar untuk mengintropeksi diri dan dari kesalahan yang ada sehingga memunculkan tindakan untuk mengambil keputusan yang harus dihadapi dengan belajar menerima saran dari orang lain dan membuat perbedaan.

Selalu Bersyukur
Mendekatkan diri untuk meminta petunjuk kepada Allah agar selalu bersyukur dalam menerima apa yang ada, dengan begitu apa yang menjadi beban pikiran akan terasa lebih ringan karena bersyukur merupakan suatu solusi. Allah pasti memahami dan pasti akan diberikan jalan keluarnya.

Ubah Pandangan Negatif ke Positif
Ini yang paling sulit untuk dilakukan, tetapi berpikiran negatif bukan membawa kepada ketenangan, yang ada malah menjadi uring-uringan setiap hari. Untuk itu harus dapat menjaga pikiran dengan positif thinking dalam segala hal dengan tidak cepat menilai segala sesuatu harus memperhatikan beberapa sudut pandang agar tidak mudah berpikiran negatif dan menjadi bijak dalam bertindak.

Temukan yang Menjadi Sumber Bahagia untuk Diri Sendiri
Menemukan sumber bahagia dengan mulai merawat diri sendiri. Kenali dirimu sendiri dan temukan waktu untuk me time bisa dengan pergi keluar jalan-jalan, nonton, bermain atau menghabiskan waktu yang membuat merasa senang sehingga tidak kepikiran untuk sambat.

Ternyata sambat bisa juga dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Jangan dikit-dikit disebarkan ke sosial media iya Sobat Energi karena sama aja nyebar aib sendiri, harus dapat memilah mana yang baik dan mana yang bukan.

Related Articles

Back to top button