Kesehatan

Cara Tepat Mengatasi Permasalahan Kulit Sensitif

ENERGIBANGSA.ID – Sobat Energi Bangsa, apakah kamu punya masalah kulit sensitif?

Kondisi ini meski sering terjadi namun kerap kali disepelekan.

Pada dasarnya, pemilik kulit sensitif harus lebih memperhatikan aktivitas atau penggunaan produk tertentu.

Tips mengatasi kulit sensitif berikut dapat kamu coba untuk menangani masalah kulit sensitif agar tidak bertambah parah. 

Mengatasi Permasalahan Kulit Sensitif

Sumber : Sleikqa

1. Batasi Durasi Waktu Mandi 

Hal ini karena kulit rentan mengalami dehidrasi atau kering.

Pemilik kulit sensitif dianjurkan untuk memiliki durasi waktu mandi tidak lebih dari 10 menit dengan air biasa.

Selain itu, hindari mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan produksi minyak di wajah dan menyebabkan wajah akan mudah menjadi kering.

2.  Pola Hidup Sehat

Bukan hanya terbatas pada perawatan, ternyata menjaga pola hidup sehat juga berpengaruh dalam mengatasi masalah kulit wajah sensitif, nih!

Pasalnya, memperbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang, buah dan sayur, serta cukup minum air putih, dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Kamu juga harus memperhatikan tingkat stres dan paparan polusi yang dapat membuat masuknya polutan pada kulit sensitif sehingga akan memperparah kondisi kulit.  

Sumber : Major Health Tips

3. Rutin Gunakan Pelembap

Salah satu gejala yang dirasakan bagi yang memiliki tipe kulit sensitif, kulit akan rentan kering dan mengelupas, terutama kulit wajah.

Hal ini dapat kamu atasi dengan menggunakan pelembap secara rutin setelah mandi dan cuci muka untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Biasanya kandungan pelembap yang cenderung aman untuk merawat kulit wajah sensitif adalah petrolatum, dimethiconehyaluronic acidceramide, atau niacinamide

4.  Jangan Lewatkan Sunscreen 

Sunscreen pada dasarnya adalah salah satu produk perawatan kulit yang sangat wajib digunakan, terutama bagi kamu yang memiliki tipe kulit sensitif yang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Pemilik kulit sensitif juga disarankan untuk menghindari paparan paparan sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan kulit sensitif berpeluang mengalami iritasi.

Produk sunscreen yang dipakai baiknya mengandung SPF 30 atau lebih.

Selain itu, saat beraktivitas sebisa mungkin menutupi seluruh permukaan tubuh (terutama kulit), memakai topi dan kacamata hitam.

5. Bijak Pilih Produk Kulit

Kulit sensitif sangat rentan bereaksi terhadap produk dengan bahan kimia tertentu seperti seperti sabun, deterjen, atau wewangian.

Kamu dapat menghindari menggunakan toner, astringen, dan produk perawatan kulit wajah yang mengandung alkohol, asam glikolik, dan pewangi.

Sangat disarankan memilih produk dengan kandungan bahan dasar alami, seperti lidah buaya, chamomile, atau teh hijau.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya peradangan atau iritasi pada kulit, pemilik kulit sensitif juga disarankan untuk membatasi penggunaan eksfoliator atau scrub wajah.

Itulah tips mengatasi kulit sensitif yang bisa kamu coba agar masalah kulit sensitif yang kamu alami tidak bertambah parah, ya!

Related Articles

Back to top button