Gaya Hidup

Cara Merawat Kaki Supaya Cantik dan Sehat

ENERGIBANGSA.ID – Kaki menjadi bagian tubuh yang sering terlupakan untuk dirawat karena terletak di bagian tubuh sehingga dianggap tidak perlu diperhatikan.

Kegiatan sehari-hari kita mengandalkan kaki untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Bila tidak dirawat, kaki dapat mengalami masalah yang akan menghambat aktivitas, merusak kecantikan dan menurunkan rasa percaya diri.

Di bawah ini Energi Bangsa telah rangkum bagaimana cara membuat kaki menjadi lebih bersih dan sehat.

Masalah Kaki

Foto : Hello Sehat

Kurangnya perawatan pada kaki akan menimbulkan masalah yang cukup mengganggu. Beberapa masalah yang sering terjadi pada kaki, antara lain :

1. Kulit Kering

Kaki merupakan bagian tubuh yang hanya memiliki sedikit kelenjar minyak. Berada di dalam ruangan AC dan terjemur sinar matahari adalah beberapa faktor penyebab kaki menjadi kering.

2. Kapalan

Kapalan merupakan penebalan pada kulit kaki. Hal ini terjadi karena salah memakai sepatu atau karena bergesekan pada area yang keras dalam waktu yang lama.

3. Jamur

Timbul kemerahan dan terasa gatal merupakan tanda bahwa kaki terinfeksi jamur.

4. Bau Kaki

Kamu pernah merasa malu saat membuka sepatu atau kaos kaki karena bau kaki yang tidak sedap?

Hal ini karena banyaknya keringat yang diproduksi kaki. Ditambah kaki tertutup oleh sepatu maka bakteri dapat berkembang dengan cepat.

Keringat dan bakteri yang bercampur inilah yang menimbulkan bau tidak sedap pada kaki.

Bagaimana Perawatan Kaki yang Tepat

Foto : Flickr

Merawat kaki tidaklah rumit dan dapat kamu lakukan sendiri di rumah dengan langkah berikut :

1. Rendam

Siapkan baskom berisi air hangat yang ditambah cairan antiseptik atau garam mandi. Cairan antiseptik akan mencegah bakteri berkembang.

Merendam kaki dengan air hangat dapat menjadi cara untuk relaksasi sekaligus untuk menjaga kaki tetap sehat.

2. Scrubbing

Melakukan scrub untuk kaki dapat dilakukan dengan menggunakan batu apung, buah lemon atau alat penggosok yang menyerupai batu apung.

Ini akan membantu kaki terhindar dari kapalan. Dengan menggunakan sikat khusus, gosok kaki secara keseluruhan.

Menyikat kaki bertujuan mengangkat kotoran dan sel kulit mati sehingga kaki terlihat lebih cerah dan kaki dapat bernafas dengan leluasa.

3. Keringkan

Pengeringan kaki dilakukan dengan dengan cermat termasuk pada sela-sela kaki. Jangan biarkan kaki dalam keadaan lembab karena akan menjadi tempat favorit berkembangnya jamur.

4. Gunakan Krim

Agar terhindar dari kaki yang kering, gunakan pelembap pada kaki.

Bila ada masalah khusus pada kaki, seperti kapalan atau jamur, gunakan krim khusus untuk menyembuhkan dan mengangkat kutikula.

Gunakan krim atau pelembap sambil memijat kaki agar pelembap dapat bekerja maksimal. Hal ini juga akan membuat kaki menjadi mulus.

5. Rapikan Kuku

Jangan lupakan bagian kuku saat merawat kaki. Gunting kuku agar terlihat rapi dan gunakan kikir untuk menghaluskan bagian tepi kuku.

Ingat, kaki juga perlu perhatian dan perawatan.

Related Articles

Back to top button