Energi Muda

Cara Mengatasi Sebuah Masalah ala Kaum Milenial

ENERGIBANGSA.ID – Melihat dari berbagai permasalahan yang ada di Indonesia, masyarakat harus dapat bersikap postif untuk menyelesaikan masalah salah satunya adalah kaum milenial yang sering kali melupakan hal-hal sepele padahal sangat bermanfaat dan dapat dijadikan contoh generasi berikutnya untuk memberikan dampak yang baik.

Kaum Milenial tidak selamanya memiliki sikap yang dipandangan negatif saja. Di balik itu semua, ternyata kaum milenial juga memiliki sikap yang patut untuk dipelajari dan dibutuhkan dalam merespon sebuah masalah agar tidak melakukan sikap yang gegabah dalam menghadapi masalah.

Tidak semua masalah dapat diatasi dengan pikiran rasa sok tahu, hasutan orang lain yang membuat terjebak di dalam pikiran negatif yang diciptakan diri sendiri sehingga akan mencemooh orang lain tidak kompeten padahal dampak yang ditimbulkan malah akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Berikut Tim Energi Bangsa telah merangkum sikap yang harus kaum milenial gunakan untuk mengatasi suatu masalah yaitu

Tidak Mudah Percaya
Sobat Energi harus melek informasi dan tidak langsung mudah percaya tentang berita yang tersebar di beberapa sosial media, harus dapat memahami apakah berita itu berasal dari sumber yang terpercaya dan terbukti kebenarannya atau hanya hoax semata. Kalaupun ingin menyebarkan kepada orang lain harus di teliti dahulu berita yang didapatkan baik dan jelas agar tidak menjadi orang bodoh yang tidak dapat menggunakan sosial media dengan cerdas.

Berpikir Kritis
Harus dapat berpikir kritis dengan menemukan ide ide untuk menghadapi masalah yang terjadi dengan memperhatikan lingkungan sekitar mulai dari hal-hal kecil, ingat sobat energi sebelum berpikir kritis harus memulai untuk dapat peduli dengan lingkungan sekitar sehingga akan dapat memahami masalah dan akar solusi yang dilakukan. Tidak perlu untuk berpikir kritis karena saran yang dihasilkan akan membantu dan tidak usah ikut-ikut dengan keputusan orang lain.

Berjiwa Inovatif, Kreatif dan Kepemimpinan
Jiwa inovatif, kreatif dan kepemimpinan harus dimiliki setiap individu, untuk dapat memberikan ide-ide dan kreativitas yang baru untuk membawa perubahan dengan mempertimbangkan dampak-dampak yang dihasilkan. Salah satunya dengan mengambil dan membandingkan dari sudut pandang bidang yang disukai atau tidak disukai, harus mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki dan jangan gampang menyerah.

Bagaimana menurut sobat energi? Apakah sudah menerapkan sikap tersebut untuk menghadapi suatu masalah? Jadilah kaum milenial yang bukan hanya perkataannya saja yang baik tetapi harus bisa berpikir untuk bersikap.

Related Articles

Back to top button