fbpx
DuniaGaya HidupKesehatan

Cara Hindari Varian Baru Corona B117 Menurut Pakar

ENERGIBANGSA.ID – Diketahui varian baru Corona asal Inggris sudah masuk Indonesia. Jenis varian ini B117 dan disebut-sebut lebih cepat menyebar hingga 40-70 persen.

“Karena variannya lebih cepat menyebar. Hal itu bisa menyebabkan timbulnya lebih banyak kasus dan semakin membebani sistem perawatan kesehatan,” kata Dr Henry Walke dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Oleh sebab itu, berikut 6 cara untuk melindungi diri dari varian baru Corona B117, dikutip dari Heathline, Jumat (5/3/2021).

1. Membatasi Mobilitas

Sebisa mungkin hindari kerumunan yang bisa memicu penularan COVID-19 semakin tinggi.

Apabila keperluan mendesak, tetap jaga jarak dengan orang yang berada di dalam atau di luar ruangan saat bertemu.

Hal ini berlaku juga di keluarga atau teman dekat yang tak jarang disadari menjadi sumber penularan COVID-19.

2.  Memakai Masker

Masker bedah atau N95 dipercaya efektif menjadi proteksi dari tertularnya virus.

Tapi, bagi pengguna masker kain, perhatikan jenis kain dan lapisan kainnya sesuai himbauan CDC.

Pemakaian masker rangkap juga tak boleh asal-asalan. Di lapisan pertama sebaiknya mengenakan masker medis sekali pakai, di lapisan kedua baru mengenakan masker kain.

 

3. Bekerja di Ruangan Terbuka

Jika tidak memungkinkan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH), maka sebisa mungkin cara terbaik untuk melindungi diri dari terinfeksi COVID-19 dengan bekerja di ruangan terbuka.

 

4.  Kurangi Waktu Berbelanja di Luar Rumah

Sering datang ke pusat perbelanjaan membuat diri menjadi lebih sering terpapar lingkungan dan orang-orang yang mungkin membawa virus.

Jadi, kurang-kurangi aktivitas di luar rumah, ya.

5. Rutin Cuci Tangan dan Wajib Pakai Hand Sanitizer

Bersihkan tangan dengan menggunakan air dan sabun selama 20 detik. Jika kesulitan mengakses air, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 persen.

6. Vaksin Corona

Vaksinasi Covid-19 diyakini bisa membuat seseorang tak mengalami sakit parah akibat Covid-19. Maka dari itu, saat mendapat giliran, sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi.

“Bisa dibayangkan bahwa salah satu varian lain, atau varian masa depan, mungkin memerlukan vaksin baru,” kata Henry mengingatkan untuk divaksin sesegera mungkin jika memiliki kesempatan.

(Ara/ EB)

Related Articles

Back to top button