Gaya Hidup

Cara Benar Menggoreng Ikan untuk Anak-Anak

ENERGIBANGSA.ID – Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak sekali jenis dan produk ikan.

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki nilai gizi sangat tinggi.

Selain itu, ikan merupakan hewani dengan harga yang lebih mudah dijangkau daripada harga daging sapi, sehingga umumnya ikan dijadikan pengganti daging.

Olahan ikan juga sangat beragam. Mulai ikan goreng, ikan panggang, dan dicampur dengan berbagai macam bumbu yang lezat.

Tapi, sebaiknya anak tidak terlalu banyak makan ikan yang dimasak seperti di atas, ya.

Sebab, makan ikan yang dimasak dengan cara di atas bisa memicu sakit pada anak-anak.

Berikut penjelasannya.

Hindari Mengolah Ikan dengan Cara Ini

Sumber : mandira.id

Dilansir dari Sajian Sedap, sebaiknya anak tidak makan terlalu sering ikan yang digoreng.

Sebab, selama penggorengan, ikan akan menyerap lemak dalam minyak tersebut.

Akibatnya, jumlah kalori dalam masakan ikan akan meningkat dan mengubah jenis lemak yang terkandung.

Jika digoreng, kandungan Omega 3 pada ikan malah jadi lemak jahat yang merugikan tubuh kita.

Suhu tinggi yang digunakan saat menggoreng juga bisa merusak asam lemak Omega 3 yang memiliki banyak manfaat.

Jadi, ikan yang digoreng akan kehilangan Omega 3 dalam jumlah yang cukup banyak.

Mengonsumsi ikan goreng secara terus menerus juga bisa membuat tubuh menimbun lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit.

Memasak ikan yang disarankan menurut pakar gizi adalah dengan dipanggang, dibakar, direbus, dan dikukus.

Cara Benar Menggoreng Ikan

Jika teman-teman suka sekali dengan menu ikan goreng, sebaiknya ikuti cara menggoreng ikan dengan benar berikut ini, ya.

Ini adalah cara menggoreng ikan yang benar dari para ahli dilansir dari Eat This Not That

1. Saat menggoreng ikan, hindari menggunakan minyak jelantah atau minyak bekas menggoreng.

2. Gorenglah ikan saat suhu minyak sudah cukup panas. Saat kita menggoreng ikan pada minyak yang dingin, maka ikan akan menyerap minyak lebih banyak.

3. Setelah menggoreng, saring ikan, dan letakkan di atas kertas penyerap minyak atau tisu.

4. Sebisa mungkin gunakan minyak yang lebih sehat, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak canola.

5. Lengkapi menu makanan ikan goreng dengan banyak sayuran dan buah-buahan sebagai pendamping.

Nah, itu dia cara benar menggoreng ikan untuk anak. Mulai sekarang, perhatikan kesehatan kita dan anak, ya.

Related Articles

Back to top button