MobileTeknologi

Cara Atasi Buffering Sinyal 4G dan Lemot pada Smartphone

ENERGIBANGSA.ID –  Peran teknologi tentunya semakin besar dalam memudahkan aktivitas masyarakat sehari-hari.

Tidak dipungkiri, terkadang banyak dari pengguna handphone yang mengeluhkan jaringan kurang stabil serta kerja smartphone  yang lemot.

Lantas, bagaimana solusi agar sinyal tidak buffering dan operasi smartphone tidak lemot?

Cara Mengatasi Sinyal Buffering dan Handphone Lemot

Seringkali para pengguna smartphone mengeluh akibat memori penuh yang menyebabkan smartphone menjadi lemot dan panas.

Tentunya hal ini mengganggu mobilitas saat harus menggunakan smartphone  untuk berbagai kepentingan.

Meskipun sudah memiliki memori internal yang cukup besar, ada berbagai cara untuk tetap merawat dan menjaga smartphone  supaya tetap memberikan performa dan pengalaman yang maksimal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus data cache dari aplikasi yang sering dijalankan, sehingga ruang penyimpanan yang tersedia jadi lebih optimal dalam memaksimalkan kinerja smartphone .

Berikut cara menghapus data cache yang perlu kamu lakukan secara rutin agar smartphone tetap memberikan performa yang maksimal dalam waktu lama dan tidak cepat lemot.

Menghapus cache memori aplikasi bisa bantu mempercepat sinyal 4G pada handphone.

  • Masuk ke Pengaturan, pilih Aplikasi
  • Pilih aplikasi yang sering digunakan, misal YouTube
  • Klik menu Penyimpanan
  • Pilih Cache atau Hapus Memori
  • Setelah itu maka bisa dilihat bahwa memori dari aplikasi YouTube ataupun aplikasi lain yang bisa kita pilih menjadi kosong.
  • Lakukan dengan hati-hati karena berpotensi data dalam aplikasi hilang.

Selain menghapus data cache, cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga smartphone tidak lemot di jaringan 4G adalah rajin update sistem operasi

Dengan memperbarui software smartphone, kita akan mendapatkan fitur baru yang meningkatkan kenyamanan penggunaan perangkat.

Security patch terbaru yang menjaga keamanan perangkat dari virus dan malware, hingga perbaikan berbagai bug yang membuat kinerja perangkat jadi lebih lancar.

Selain itu, ada baiknya hindari pengaturan auto-download di aplikasi, sehingga smartphone tidak terbebani dengan banyaknya berkas yang otomatis diunduh dan disimpan di memori internal perangkat.

Related Articles

Back to top button