Komputer

Cara Aman dan Praktis Membackup Data Penting

ENERGIBANGSA.ID – Bagi mahasiswa akhir semester memiliki banyak file penting di laptop adalah hal yang biasa, mulai dari file skripsi, proposal ataupun data-data penting lainnya.

Namun siapa sangka terkadang ditengah pengerjaan tiba-tiba kita menemukan kendala, seperti laptop tiba-tiba eror dan semua data hilang. Bahkan bisa juga laptop kita hilang dicuri orang dan yang bikin tambah kesel adalah kita belum sempat mem-backup semua data-data penting kita. Nah, untuk itu Tim Energi Bangsa telah merangkum beberapa tips yang bisa Sobat Energi gunakan untuk mem-backup data di laptop atau komputer.

Backup Menggunakan Google Drive
Sebenarnya banyak sekali pilihan software di luar sana yang memiliki fungsi yang sama dengan google drive seperti Dropbox, iCloud, OneDrive. Jadi kalian bisa pilih ingin menggunakan yang mana.Pada dasarnya mem-backup data adalah sebuah hal sangat penting. Apalagi jika kita memiliki begitu banyak dokumen-dokumen penting. Nah, untuk mem-backup menggunakan google drive yang perlu dilakukan tentunya adalah memiliki akun google drive. Kemudian log in dan unggahlah file yang kalian inginkan. Atau kalian juga bisa menginstall software google drive di device kalian supaya lebih praktis.

Sayangnya untuk menggunakan google drive ini Sobat Energi harus terkoneksi dengan internet dan ruang penyimpanan data di google drive juga terbatas. Jadi tipsnya, jangan upload semua data yang ada di laptop kalian. Pilihlah data yang menurut kalian penting untuk di backup saja.

Backup Menggunakan Hardware
Di pasaran kita akan ditawarkan dengan berbagai macam hardware atau perangkat keras penyimpanan. Mulai dari flashdisk, flashdisk On The Go (OTG), maupun hard disk. Bagi kalian yang memiliki ukuran file yang besar hard disk bisa jadi pilihan yang pas karena kapasitas penyimpanannya yang besar.

Sedangkan bagi Sobat Energi yang memiliki file penting berupa hasil jepretan foto atau video yang masih tersimpan di handphone. Kalian bisa nih mem-back up atau memindahkan file kalian dengan menggunakan OTG. Salah satu merek yang sering dicari oleh masyarakat adalah SanDisk. Tim Energi Bangsa merekomendasikan buat kalian pengguna android bisa memilih SanDisk tipe Ultra Dual Drive dan untuk pengguna Iphone kalian bisa memilih SanDisk Ixpand Base atau Ixpand Mini.

So, bagi Sobat Energi yang sedang mengerjakan proyek penting dan takut file kalian hilang, kalian bisa coba tips di atas tadi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Articles

Back to top button