fbpx
Kabar Daerah

Bupati Ngesti Nugraha: Pancasila Harus Menjadi Dasar Landasan Semua Kegiatan, Termasuk Kepemudaan

TUNTANG, energibangsa.id – Pemerintah Kabupaten Semarang siap untuk melakukan dialog dengan organisasi kepemudaan guna menyusun rancangan peraturan daerah (Raperda) kepemudaan.

Peraturan daerah itu nantinya akan mengatur kiprah dan pengembangan potensi kepemudaan dalam proses pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat berdialog dengan puluhan pemuda pada acara pendidikan politik bagi generasi muda di Tuntang, Selasa (30/3/2021).

Pentingnya pendidikan politik

Menurutnya, pendidikan politik diperlukan agar para pemuda memiliki pola pikir yang benar terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di berbagai aspek.

Termasuk pelaksanaan demokrasi, sumbang saran bagi pelaksanaan pembangunan maupun ideologi dalam berdemokrasi.

“Pancasila harus menjadi dasar landasan semua kegiatan termasuk kepemudaan. Dengan dasar itulah, kita mengharapkan peran serta aktif para pemuda mewujudkan Kabupaten Semarang bersatu, berdaulat, berkepribadian, sejahtera dan mandiri atau berdikari,” tegasnya.

Dicontohkan, para pemuda dapat memanfaatkan dan membeli produk UMKM lokal untuk berbagai kegiatan sehari-hari.

Langkah itu dinilai berdampak baik untuk mendongkrak produksi UMKM yang mengalami kelesuan saat pandemi ini. Sehingga, roda perekonomian warga dapat berjalan lancar.

Utamakan mutu kegiatan

Anggota DPRD Kabupaten Semarang Siswanto, meminta para pemuda untuk mengutamakan mutu kegiatan dibandingkan hanya sekadar jumlah anggota organisasi yang banyak.

Selain itu juga perlu mengasah kepekaan menghadapi dinamika sosial di masyarakat.

“Organisasi kepemudaan bisa menjadi kawah candradimuka untuk membentuk dan mendidik karakter baik para pemuda,” katanya. ​

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Semarang Heru Subroto menjelaskan, kegiatan digelar untuk meningkatkan peran organisasi kepemudaan dalam pembangunan daerah.

“Sesuai visi dan misi bupati, kita berharap kegiatan ini dapat menggugah simpati dan partisipasi generasi muda untuk mendukung pencapaian Kabupaten Semarang berdikari,” jelasnya. (*)

Related Articles

Back to top button