fbpx
DaerahPendidikan

Bulan ini, Perguruan Tinggi di Yogya Kembali di Buka

ENERGIBANGSA.ID (Yogyakarta) – Pada pertengahan bulan September 2020, perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah siap untuk memulai kuliah tatap muka. Hal ini diungkapkan langsung oleh Pemerintah DIY di Keraton Yogyakarta.

“Nanti saya segera ketemu gugus tugas bidang pendidikan yang ada di DIY dan kabupaten atau kota,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji dikutip tim energibangsa.id dari detik.com

Dirinya juga menjelaskan bahwa pihak Pemprov DIY akan mengajak bicara gugus tugas pendidikan terlebih dahulu  terkait waktu dan jenjang mana yang akan diperbolehkan memulai pembelajaran tatap muka setelah perguruan tinggi dibuka.  

“Lalu kita mulai dari SD, SMP dan SMK kapan. Yang jelas kita akan kumpulkan dulu supaya disiapkan dulu, dan kalau untuk (pembelajaran tatap muka) mahasiswa mulai September,” lanjutnya.

Baca Juga : Kepada Mahasiswa Unika Atma Jaya, Wapres Ingatkan Pentingnya Toleransi

Dalam wawancara tersebut Aji menuturkan alasan pihaknya lebih mengutamakan perguruan tinggi terlebih dahulu dalam melaksanakan proses pembelajaran tatap muka.

Menurutnya hal itu karena mahasiswa lebih dewasa dan lebih mampu menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Corona (COVID-19).

“Perguruan tinggi jauh lebih siap dibanding pendidikan menengah, dan peserta didiknya mahasiswa yang sudah dewasa. Kedua, sarana dan prasarana perguruan tinggi jauh lebih lengkap daripada sekolah,” ujarnya.

“Jadi kalau (pembelajaran tatap muka) mahasiswa pertengahan September sudah dalam proses,” pungkas Aji.

Baca Juga : Zara Adhysti, Dibela atau Dicela?

Diketahui sudah beberapa bulan instansi-instansi sekolah baik SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia melakukan pembelajaran Jarak Jauh di tengah pandemi COVID-19 termasuk di Yogyakarta.

Saat ini pemerintah sedang mendorong program adaptasi kebiasaan baru dengan kampanye disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat guna mengembalikan kembali aktivitas yang terhenti akibat pembatasan sosial berskala besar yang diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia untuk mengurangi penyebaran COVID-19

Terlebih perlahan pemerintah  dan satuann tugas penanganan COVID-19 memberikan izin pembukaan kembali sekolah untuk wilayah-wilayah yang masuk zona hijau hingga orang di Indonesia. (tata/EB)

Related Articles

Back to top button