fbpx
Nasional

Bukan UFO, Benda Asing Misterius Tiba-Tiba Nongkrong di Laut Sulawesi. Apaan Tuh?

SEMARANG, energibangsa.id – Tak ada angin tak ada hujan kejadian menggemparkan melanda Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Kemunculan benda asing misterius namun bukan UFO ini sontak memancing kehebohan massa.

Setelah diidentifikasi itu adalah pesawat nirawak atau drone yang disinyalir milik China yang entah darimana bisa tersasar sampai kesana. Saat ini benda tersebut masih diamankan oleh Angkatan Laut Makassar.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta melayangkan protes tegas bagi negara siapapun yang mencoba mengirimkan drone tersebut, dan saat ini pemerintah sedang menyelidiki asal drone tersebut.

“Drone bawah air tersebut sudah masuk sangat dalam ke wilayah Indonesia. Ini sinyal bahwa selama ini wilayah laut kita sangat mudah diterobos pihak asing,” ujarnya.

Sudah termasuk ancaman nasional, Sukamta menyebutkan bahwa masih banyak drone yang berkeliaran di wilayah Indonesia untuk mengambil sejumlah data-data penting geografis hingga potensi laut Indonesia.

Ia menambahkan Prabowo Subianto selaku menteri pertahanan RI harus bertindak tegas segera menyelesaikan masalah ini dan memperbaiki segi pertahanan dari sisi teknologi yang masih tertinggal jauh.

“Ini pekerjaan rumah Pak Menhan (Prabowo Subianto) untuk mendorong percepatan pengembangan teknologi penginderaan jarak jauh,” ujarnya.

Sukamta berharap Indonesia dapat melakukan kerjasama dengan negara lain terkait pengembangan teknologi untuk mendukung sistem pertahanan RI terutama sistem keamanan teritori.

Mengingat ketengangan yang terjadi pada Laut China Selatan yang melibatkan beberapa negara, membuat TNI Angkatan Laut dan Bakamla harus memperkuat pengawasan pada sejumlah pintu masuk Indonesia.

“Wilayah Indonesia yang berada di zona ketegangan bisa dimanfaatkan oleh negara lain yang sedang berkonflik. Tentu kita tidak mau wilayah kita diobok-obok pihak asing. Oleh sebab itu kewaspadaan harus ditingkatkan dengan melalukan patroli secara ketat,” kata Sukamta. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button