fbpx
Nasional

Bukan PAN Reformasi, Partai Baru Amin Rais: Partai Ummat

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) — Teka-teki perihal nama partai baru politisi senior Amien Rais akhirnya terungkap. Amien Rais mengumumkan, partai barunya adalah: Partai Ummat. Pengumuman nama partai baru Amien Rais ini disampaikan melalui kanal YouTube-nya, Kamis, (1/10/2020).

“Mukaddimah Partai Ummat”, kata Amien, yang juga pendiri Partai Amanat Nasional (PAN).

Amin membocorkan arti nama partai bentukannya, yakni Partai Ummat. Menurutnya, nama itu terkait dengan asas partainya itu.

“Partai Ummat Insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya, melawan kezaliman dan menegakkan keadilan”, paparnya.

“Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945 dan semua aturan demokrasi universal, sambungnya.

Ikhwal Pembentukan Partai Ummat

Harapan membentuk partai baru Amien Rais pada dasarnya berawal dari kegiatan Kongres ke-5 PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, awal 2020 lalu. Pada kongres berlangsung, ia mendukung pasangan Mulfachri Harahap-Hanafi Rais untuk menjadi ketua umum PAN yang baru.

Sayangnya, Zulkifli Hasan yang juga besannya, justru berhasil mengalahkan pasangan Mulfachri Harahap-Hanafi Rais. Peristiwa itupun berbuntut panjang yakni dikeluarkannya tokoh Amien Rais dari PAN.

Tragisnya, Amien bahkan melempar wacana pembentukan partai baru. Kala itu, nama partai yang ditebak oleh banyak kalanganan adalah PAN Reformasi. Namun dugaan itu rupanya tak terbukti, dan lahirlah nama partai baru Amien Rais, yakni Partai Ummat (*).

Related Articles

Back to top button