fbpx
Gaya Hidup

Bukan Pakaian, Bagaimana Mencuci Masker Kain yang Benar?

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Pemerintah telah menghimbau untuk menggunakan masker kain bila berpergian di luar rumah atau sedang berada di tempat keramaian.

Bahkan Presiden Joko Widodo sendiri telah meminta seluruh jajarannya agar fokus dalam mengampenyakan pentingnya disiplin protokol kesehatan selama dua pekan ke depan.

Kampenye ini harus dilakukan secara massif melalui berbagai platform yang ada, mengingat jumlah kasus COVID19 terus meningkat dan belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga telah merekomendasikan penggunan masker kepada semua orang.

Tapi tahukah sobat energi bagaimana cara mencuci masker kain yang benar ?.

Mungkin tidak sedikit orang yang berpikir kalau mencuci masker kain sama saja dengan mencuci pakaian biasa, bukan begitu?.

Namun pada kenyataannya, anggapan itu kuranglah tepat sobat energi. Mencuci masker kain tidak bisa disamakan dengan mencuci pakaian, meski bahan masker kain sama seperti pakaian.

Cara membersihkan masker dengan benar ini perlu diketahui dan diterapkan semua orang agar masker kain awet dan efektif menangkal virus.

Pantauan dari tim energibangsa.id, dr. Reisa Broto Asmoro, salah satu Juru bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 menunjukkan cara membersihkan masker kain yang benar, melalui laman instagram miliknya.

Dokter sekaligus presenter di acara dr. OZ Indonesia ini, mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan cara mencuci masker kain yang benar agar membuat masa pakai masker lebih lama.

“Pemerintah kini mewajibkan seluruh masyarakat untuk mengenakan masker kalau bepergian keluar rumah. Ternyata masker kain cukup efektif dalam mengurangi penyebaran virus COVID-19,” ucapnya dikutip dari theasianparent.com

Masker kain yang disarankan terbuat dari 3 lapisan dan digunakan oleh orang yang sehat atau tidak memiliki gejala/ keluhahan apa-apa.

Kalau sudah sakit, saran dr. Reisa, sebaiknya segera menggunakan masker bedah atau masker N-95 medis.

Membersihkan masker kain, lanjut nya, memang keliatan begitu mudah dan sederhana tapi sebenarnya mencucinya tidaklah boleh asal-asalan agar efektifitas dan kebersihannya tetap terjaga

Lantas apa saja bahan yang dibutuhkan untuk mencuci masker kain? Inilah jawaban dari dr. Reisa nih sobat energi.. Yuk disimak

Bahan yang dibutuhkan

  • Detergen atau penghilang noda
  • Air Mengalir atau air hangat bersuhu 30 derajat celcius
  • Siapkan baskom
  • Sarung tangan dapur
  • Jemuran pakaian
  • Dan Handuk

Masker Kain

Langkah-langkah membersihkan masker kain

  1. Jangan lupa cuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun
  2. Isi baskom dengan air, lalu isi dengan detergen atau pemutih sesuai instruksi dalam kemasan. Campur larutan hingga merata
  3. Rendam masker dalam larutan, diamkan selama 10 menit
  4. Kemudian setelah 10 menit, tekan masker secara lembut dan perlahan menggunakan tangan. Jangan mengucek masker terlalu kuat. Hal ini penting untuk menghindari serat kain serta menjaga efektifitas masker
  5. Bilas masker dengan air yang mengalir dan pastikan tidak ada sisa pembersih dalam kain
  6. Serap cairan berlebih atau sisa air rendaman di masker dengan menepuk-nepuk ditiap sisi masker menggunakan handuk bersih.
  7. Terakhir, jemur masker di tempat yang terkena atau terpapar sinar matahari, panas serta berventilasi udara. Disarankan di ruang terbuka.
  8. Setelah selesai jangan lupa untuk mencuci tangan.

Kapan waktu yang tepat mencuci masker?

Ibu empat anak ini, memberitahukan bahwa waktu yang tepat untuk mencuci masker adalah setelah digunakan.

“Ingat, masker kain harus segera dicuci setalah digunakan, dan setiap orang disarankan untuk memiliki persedian masker minimal 3 buah untuk menjaga sirkulasi penggunaannya. Meski masker kain tidak lebih baik daripada masker bedah namun cukup efektif dibandingkan tanpa proteksi sama sekali, terutama saat berada di luar rumah,” terang dr. Reisa.

Dirinya pun berpesan pada semua masyarakat agar tidak menggunakan masker kain lebih dari waktu 4 jam.

Demikian sobat energi cara mencuci masker kain yang benar dari dr. Reisa Broto Asmoro, salah satu Jubir Satgas COVID-19. Yuk kita terapkan jangan sampai salah melakukan lagi ya. Semoga bermanfaat..

Related Articles

Back to top button