fbpx
Kabar Daerah

Bukan Gowes, Mahasiswa Ini Buat Komunitas Senam Kebugaran Untuk Menjaga Stamina di Masa Pandemi

DEMAK, energibangsa.id — Pandemi Covid-19 memang membuat masyarakat tampil kreatif, serta selalu menjaga kesehatannya. Betapa tidak, selain menerapkan protokol kesehatan masyarakat juga harus menjaga kesehatan.

Salah satu upaya menjaga kesehatan adalah dengan rajin berolahraga, antara lain dengan senam kebugaran. Hal ini bisa dijadikan rekomendasi olahraga tak berbiaya tinggi. Tak perlu juga menyiapkan sarana sepeda, seperti gowes.

Senam kebugaran

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang, Dewi Aisah,  justru membentuk komunitas senam kebugaran di sekitar tempat tinggalnya. Hal ini dilakukan karena program KKN yang dijalaninya, dilakukan di sekitar tempat tinggalnya Dukuh Daleman RT 05 RW 03 Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Dewi menyoroti pentingnya olahraga bagi kesehatan masyarakat di tengah pandemi wabah Covid-19. Bersama dengan guru SD Insan Teladan, ia memulai membentuk Komunitas Senam Sehat, Jumat (9/10) awal bulan lalu.

“Senam sehat ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Akan tetapi kegiatan seperti ini akan tetap berlanjut meski pandemi nanti telah usai, yang akan digelar setiap hari Jum’at”, ujar Siti Nuryanah peserta senam.

“Karena senam bukan semata untuk pencegahan covid, akan tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh”, imbuhnya.

Dewan guru SD Insan Teladan merespon dengan baik kegiatan senam ini.

 “Dampak dari pandemi ini sangat luar biasa. Hingga meresahkan semuanya. Dengan diadakan rutinan senam sehat ini, diharapkan tubuh kita tetap sehat dan tergaja. Agar kita tetap bisa membimbing anak-anak dengan baik”, ujar salah satu guru, Istiqomah.

Kegiatan senam ini juga bagian dari wujud nyata partisipasi mahasiswa dan masyarakat dalam melakukan pencegahan Covid-19. Rencananya, komunitas senam yang dibuatnya akan terus terjaga dengan baik sekaligus tetap melakukan senam rutin, meski pandemi berakhir.

“Saya senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini secara langsung. Selain untuk kesehatan tubuh saya juga bisa berinteraksi secara langsung dengan para guru SD Insan Teladan,” ujar Dewi, peserta KKN. (Laporan: Dewi Aisah)

Related Articles

Back to top button