Kabar Daerah

Bubarkan Balap Lari Liar, Satpol PP di Semarang Malah Bawa Anjing

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Tak disangka, aktifitas balap lari liar juga dilakukan oleh sejumlah pemuda di Kota Semarang. Pada Sabtu malam (12/9), terlihat segerombolan orang yang merupakan peserta balap lari dan juga para penontonnya, memenuhi jalan Tri Lomba Juang, Kota Semarang.

Uniknya, Satpol PP yang saat itu ingin membubarkan massa justru mengerahkan satu ekor anjing terlatih milik mereka. Melihat kedatangan petugas, penonton yang saat itu berniat menyaksikan balap lari terpaksa juga harus ikut berlari. Namun bukan balapan, melainkan lari kocar – kacir dikejar anjing.

Awalnya, balapan lari malam itu hendak dilakukan di Jalan Pahlawan sekitar kawasan Simpang Lima. Namun, diduga karena mengetahui ada anggota Satpol PP yang berpatroli di kawasan tersebut, mereka akhirnya pindah tempat.

Dilansir dari kumparan, Sabtu (12/9), “Mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya balap lari ini kami langsung menerjunkan tim kami ke lokasi balap lari,” ujar Kasatpol PP Semarang, Fajar Purwoto, saat dihubungi,”.

Fajar menuturkan, fenomena balap lari tersebut meresahkan masyarakat karena menimbulkan kemacetan dan kerumunan. Terlebih saat ini situasi pandemi virus corona sehingga memunculkan risiko penularan.

“Bisa dilihat di video yang sedang viral itu rata-rata ndak pada pakai masker, berkerumun, mengabaikan jarak, dan membuat macet karena jalan ditutup seenaknya,” jelasnya.

Fajar menegaskan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas bagi para pelaku yang masih nekat melakukan aksi yang dinilai berbahaya ini. 

“Tolong jangan buat sensasi di situasi seperti ini, jangan karena mau viral jadi membahayakan diri sendiri dan sekitarnya,” tegasnya.

Pantauan di lapangan, aksi balap liar ini dilakukan oleh dua orang yang menggunakan jalan raya sebagai arena balap dengan jarak tempuh sekitar 100 meter. Mereka berlari di jalanan bebas, tanpa memakai alas kaki.

Fenomena balap lari liar ini juga terjadi di sejumlah daerah. Salah satunya di Ciledug, Tengerang Selatan, dimana pihak kepolisian mengamankan 12 remaja yang melakukan balap lari liar itu. (buddy/EB/kumparan).

Related Articles

Back to top button