fbpx
Nasional

Bikin bangga! Kota Semarang Resmi Diangkat Jadi Kota Mahasiswa Terbaik

SEMARANG, energibangsa.id – Kabar menggembirakan datang dari kota yang berjuluk Kota Lumpia siapa lagi kalo bukan Kota Semarang, prestasi yang diturahkan kota yang dikomandani oleh Hendrar Prihadi ini seakan tidak ada habis-habisnya.

Baru-baru ini Kota Semarang menyandang predikat sebagai salah satu Kota Mahasiswa terbaik oleh Hafid Abbas sebagai Guru Besar Universitas Negeri Jakarta. Bersamaan dengan ini pula Ketua Umum DPP DPIP Megawati Soekarnoputri memberikan pujiannya terkait prestasi yang dicapai oleh Kota Semarang dan dua kota lainnya yang turut mendapat predikat serupa, ada Kota Solo dan Kota Surabaya.

Selain itu Megawati juga menyebutkan lewat virtual bahwa ketiga kota tersebut memenuhi persyaratan dan pantas untuk mendapatkan gelar tersebut karena dirasa telah mampu memberikan keterjangkauan terkait biaya kuliah dan biaya hidup, ketersediaan transportasi publik maupun kemudahan bepergian serta keindahan dari kota-kota tersebutlah yang menjadi pertimbangan mengapa Kota Semarang dirasa pantas untuk mendapatkan gelar tersebut.

Rupanya terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh bakal calon penerima penghargaan tersebut. Dimana sesuai dengan pedoman dari hasil studi yang dilakukan Quacquarelli Symonds (QS) bersama Times Higher Education (THE) dalam melakukan pemeringkatan kota-kota dengan predikat yang memiliki mahasiswa terbaik didunia. Meliputi adanya minimal dua perguruan tinggi yang memiliki reputasi yang baik dan melayani masyarakat berpenduduk lebih dari 250 ribu jiwa.

Megawati menyayangkan bahwa mengapa sejatinya Kota Jakarta yang  dikatakan sebagai kota metropolitan belum bisa memenuhi kriteria untuk menjadikan kotanya sebagai Kota Mahasiswa atau City of Intellectual. Apalagi Kampus UNJ yang terletak di Rawamangun, dimana di sanalah pertama kali meyampaikan visi “Kota Mahasiswa”. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button