advertorialBusiness

Bhara Abadi, Bisnis Konveksi yang Eksis Hingga Saat Ini

0
8.5

PLUS
  • Lokasi strategis
  • Jahitan berkualitas dan bisa custom order
  • Memiliki jaminan mutu kualitas produksi
  • Diversifikasi ekonomi
MINUS
  • Pengelolaan media sosial belum optimal
  • Proses produksi memakan waktu lebih lama dibanding membeli pakaian jadi

ENERGIBANGSA.ID – Ada yang bilang, mencari tukang jahit itu ibarat mencari jodoh. Ya, harus cocok lahir dan batin.

Ada yang menawarkan jasa jahit dengan harga murah, tapi kualitasnya kurang bagus. Ada yang memiliki kualitas jahitan premium, tapi harganya sangat mencekik dompet. Ada juga yang kualitas bagus, harga terjangkau, tapi penjahitnya kurang kooperatif.

Sehingga perihal mencari jasa penjahit memang harus benar-benar selektif agar mendapat pakaian yang sesuai dambaan.

Di Semarang, ada satu jasa jahit yang cukup dikenal baik oleh warga Semarang, yaitu Bhara Abadi Tailor & Shop. Beberapa informasi yang diperoleh Tim Energi Bangsa merekomendasikan tempat ini sebagai “partner” untuk memproduksi baju atau celana idamanmu.

Untuk membuktikan hal itu, Tim Energi Bangsa mencoba melakukan penelusuran dengan menyambangi langsung konveksi yang berada tidak jauh dari pusat Kota Semarang.

Lokasi Strategis

Jasa penjahit bernama Bhara Abadi Tailor & Shop ini berlokasi di Jalan Hasanudin G.21, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Semarang Utara. Terletak di pinggir jalan, tempat ini sangat mudah diakses dan memiliki ruang parkir yang cukup nyaman.

Tampak depan bangunan Bhara Abadi Tailor & Shop (Foto: Energi Bangsa)

Tak hanya itu, konveksi yang memiliki rolling door berwarna hijau ini sangat dekat dengan Stasiun Poncol dan landmark Kota Semarang yakni Tugu Muda. Bahkan jika ingin menuju lokasi ini menggunakan ojek online pun cukup mengetik “Bhara Abadi” pada kolom tujuan, maka supir akan langsung mengantar kita sampai ke tempat ini.

Berawal dari Bisnis Keliling

Bhara Abadi, ketika mendengar nama ini yang ada di pikiran Tim Energi Bangsa adalah bara kobaran api. Namun ternyata hal itu salah saudara-saudara.

“Bhara itu kependekan dari kata Bhayangkara. Suami saya kan seorang polisi, jadi pendirian usaha ini juga sebagai bentuk kecintaannya pada korps kepolisian. Lalu ditambah kata Abadi itu harapannya agar usaha ini selalu berjaya sampai kapan pun,” cerita Rustiati, pemilik Bhara Abadi Tailor & Shop dengan sangat ramah pada Tim Energi Bangsa.

Wah ternyata tidak hanya memberi nama anak saja yang harus penuh makna ya. Nama bisnis usaha juga harus ada filosofinya.

Didirikan sejak tahun 1982, jasa penjahit ini awalnya hanya sebatas bisnis keliling yang ditawarkan oleh Jon Soedharto, suami dari Rustiati, setiap ia selesai dinas dari Mako Brimob Srondol, Jawa Tengah.

Tak hanya menawarkan jahitan dan atribut kepolisian pada rekan sesama anggota Polri, Soedharto juga “mendobrak” beberapa instansi pemerintahan untuk menawarkan bisnisnya itu.

Semula bisnis ini berada di Jalan KH Wahid Hasyim, Semarang. Setelah semakin jaya dan fenomenal, lokasinya berpindah ke tempat yang lebih besar di Jalan Hasanudin hingga saat ini.

Bisa Menjahit Semua Jenis Pakaian

Bhara Abadi telah diakui menjadi rujukan bagi mereka yang ingin membuat pakaian fit body. Pemilik mengusung konsep made by order dalam setiap jahitannya, sehingga sebelum masuk ke proses produksi selalu dilakukan pengukuran agar ukurannya pas seperti kehendak pelanggan. Tak hanya itu, pemilik pun memberikan jaminan kualitas terbaik untuk setiap pakaian yang diproduksi.

“Ada beberapa stok pakaian jadi ukuran S-M-L, tapi kami lebih banyak terima orderan pakai sistem ukur. Jadi made by order, gitu. Untuk beberapa pelanggan biasanya gak bisa S-M-L karena ukuran tubuhnya unik-unik,” jelas Rustiati.

Meski dikenal sebagai spesialis penjahit seragam TNI dan Polri, namun Bhara Abadi juga melayani jahitan untuk instansi pemerintahan, satpam, dan warga sipil. Beberapa pelanggan tetap Bhara Abadi adalah Kantor Imigrasi Semarang, BPBD Jateng, Jamu Sido Muncul, dan Perusahaan Kopi Kapal Api.

Tak Hanya Bisnis Jahit

Diversifikasi ekonomi. Kata itulah yang menggambarkan bisnis yang sempat mengalami musibah kebakaran pada tahun 2006 silam.

Sebagai pebisnis yang cermat dalam melihat peluang, Bhara Abadi juga menyediakan beragam atribut dan lencana kepolisian, menerima pesanan bendera, pembuatan topi, hingga bordir nama.

Pengelolaan Media Sosial Belum Optimal

Melihat betapa berpengaruhnya internet dan media sosial dalam aspek kehidupan saat ini, pemilik Bhara Abadi pun mencoba untuk masuk ke dalam ceruk ini.

Dengan membuat fan page di Facebook dan mengaktifkan Google Business, diharapkan bisnis ini mendapat pasar yang semakin luas. Namun sayangnya pemanfaatan media ini belum optimal. Dari tinjauan Tim Energi Bangsa, hanya terdapat informasi lokasi, beberapa postingan lama, dan penawaran menjadi rekan bisnis di akun Bhara Abadi.

Kalo medsos sih pernah dibuatin akun Facebook dan Google Business sama anak saya. Tapi karena sibuk dengan urusan pribadinya jadi kurang terurus sih,” terang ibu dua anak ini.

Meski begitu, ternyata hal ini mampu menjangkau pelanggan baru untuk Bhara Abadi. Seperti yang diungkapkan Pratu Bima, seorang anggota TNI yang sedang berada di lokasi saat Tim Energi Bangsa datang berkunjung.

“Saya dulu tahu sini (Bhara Abadi) dari Google pas cari penjahit. Saya kan pindah tugas dari Kalimantan, jadi belum tahu banyak wilayah Semarang. Pas nemu ini, langsung saya chat WhatsApp-nya untuk tanya harga setelan seragam. Karena cocok, saya langsung kesini,” kata Pratu Bima yang sudah membuat pesanan seragam hingga tiga kali karena mendapat titipan dari rekan di Kalimantan.

Setelah meninjau beberapa aspek, Tim Energi Bangsa akhirnya sependapat bahwa Bhara Abadi adalah salah satu penjahit recommended di Kota Semarang. Oleh karena itu bila Sobat Energi ingin membuat seragam jangan ragu untuk menghubungi jasa penjahit ini, ya. Sebagai informasi tambahan, Bhara Abadi tidak hanya melayani wilayah Semarang saja, namun seluruh wilayah Indonesia. Namun harap bersabar ya, karena jumlah pesanan di sini cukup banyak, jadi pelanggan harus waiting list dulu.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Lagi, Mahasiswa Indonesia Boyong 3 Emas di Kejuaraan Internasional Ini

Previous article

Kereta Semi Cepat JKT-SBY Siap Beroperasi 2022

Next article

Comments

Comments are closed.

Login/Sign up