Bertemu Jokowi, Presiden Argentina Kepincut Buah-buahan Ini (Foto: Liputan6)
Bertemu Jokowi, Presiden Argentina Kepincut Buah-buahan Ini (Foto: Liputan6)
Ekonomi & BisnisInternasional

Bertemu Jokowi, Presiden Argentina Kepincut Buah-buahan Ini

0

ENERGIBANGSA.ID – Presiden Argentina, Mauricio Macri mengungkapkan keinginannya untuk mengimpor buah-buahan Indonesia kepada Presiden Jokowi. Hal itu ia sampaikan dalam lawatannya di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (26/6/2019).

Mauricio menjelaskan keinginannya ini adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kerjasama Argentina – Indonesia di sektor pertanian dan teknologi.

“Kami juga ingin menikmati buah-buah yang ada di Indonesia. Begitupun Indonesia dapat belajar untuk bidang teknologi pertanian dari Argentina supaya bermanfaat untuk kedua belah pihak,” ujar Mauricio.

Presiden Jokowi menyambut positif hal itu dengan menginstruksikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman agar mempersiapkan segala yang berkaitan dengan ekspor buah. Jokowi menilai Indonesia dan Argentina memiliki potensi kerjasama yang bagus sebab keduanya adalah negara agraris.

Presiden Jokowi sedang berbincang dengan Presiden Mauricio (Foto: Poskota News)

Seperti dikutip energibangsa.id dari laman kompas.com, Pemerintah Argentina tertarik untuk mengimpor buah-buahan tropis seperti salak, manggis, dan nanas. Sementara kerjasama di bidang teknologi masih akan dibahas lebih mendalam. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi memperkirakan kerjasama akan terjadi seputar teknologi penyimpanan hasil pertanian yang efisien.

Diketahui untuk wilayah Amerika Selatan, Argentina adalah mitra dagang terbesar kedua Indonesia setelah Brasil. Berdasarkan data yang dirangkum energibangsa.id, total perdagangan dengan Argentina mencapai 2 miliar dollar AS.

Kesempatan impor ke Argentina ini diharapkan dapat mendongkrak energi petani lokal untuk terus menghasilkan produk berkualitas. Hal ini juga berarti produk lokal Indonesia pun dapat bersaing di pasar global.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Callind, Aplikasi Chatting Keren Karya Anak Bangsa Tandingan Whatsapp.

Previous article

Pemerintah Jepang Utamakan Tenaga Kerja Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.