fbpx
Gaya HidupKabar IndonesiaOpini / GagasanRagam Bangsa

Berteman Dengan Mantan, Ini Kata Pria Vs Wanita

ENERGIBANGSA.ID – Mantan, satu kata yang memiliki beragam makna untuk setiap orang. Setelah hubungan asmara berakhir, tidak sedikit orang yang membatasi akses komunikasi dengan mantan. Mulai dari memblokir kontak mantan, enggan melihat wajahnya saat tidak sengaja berpapasan, hingga timbul rasa benci dalam hati.

Bahkan ada pula yang beranggapan bahwa berteman dengan mantan adalah hal yang mustahil dilakukan.

Apakah setiap orang yang baru putus selalu melakukan hal itu? Tim Energi Bangsa mencoba mencari sudut pandang dari para pria dan wanita tentang hal ini.

Agus Budiawan, Graphic Designer, Founder dan CCO Putera Puteri Kebudayaan Indonesia

Berteman Dengan Mantan, Ini Kata Pria Vs Wanita

Menurutmu, apakah dari mantan bisa berubah menjadi teman?

Menurutku bisa banget sih, kita seharusnya gak menjaga jarak dengan mantan. Tapi tergantung sama kepribadian mantan dan penyebab kenapa kita putus.

Apakah kamu masih berteman dengan mantan?

Masih, cuma sedikit ada batasan aja. Beda sama pas pertemanan pertama sebelum ada hubungan sebagai pacar. Tetep ada rasa canggungnya gitu.

Bagaimana caramu menjaga pertemanan dengan mantan?

Chat biasa sih, ya walaupun gak se-intens dulu. Takutnya ntar dia baper karena kita ngasih harapan apa gimana. Kadang juga masih nongkrong bareng kok, tapi gak berdua doang, ada sama temen yang lain.

Apa pesanmu untuk mantan yang membatasi pertemanan?

Tidak bisa dipungkiri kita pernah membuat momen baik berdua, dan darinya kita belajar memahami kekurangan seseorang. Jadi, alangkah baiknya jika kita tetap menjalin hubungan baik sama mantan, tetap menjaga komunikasi tapi jangan terjebak friendzone, hahaha.

Tri Meiza Raafi, Freelancer

Berteman Dengan Mantan, Ini Kata Pria Vs Wanita

Apakah kamu masih berteman dengan mantan?

Masih dong, aku mah open minded. Semua temen ok ok aja, apalagi sama mantan. Haha.

Apakah kamu menjalin pertemanan yang akrab dengan mantan?

Kalau akrab sih enggak, ya paling cuma bales-balesan story aja. Kadang sini niatnya mau ngajak ngobrol. Tapi dianya nutup diri, yaa apa boleh buat. Pernah sih ngajak dia nogkrong, cuma gak pernah terealisasi.

Apakah masih ada sisa-sisa perasaan masa lalu yang mempengaruhi pertemananmu dengan mantan?

Kalau perasaan udah nggak ada, cuma ya namanya masa lalu itu kadang-kadang teringat. Bukannya kesel atau bete, malah ingetnya yang enak-enak. Yang nggak enak buat dijadiin pembelajaran aja.

Apa pesanmu untuk mantan yang menghindari pertemanan?

Hei mantan, jangan seperti itu lah. Ingat dulu waktu kalian memutuskan untuk menjalin hubungan dengan saya, itu karena kalian punya rasa sayang ‘kan? Jadi kalau putus ya bertemanlah, buat nambah saudara juga.

Nita Fitria Syahputri, Pegawai Bank Swasta

Berteman Dengan Mantan, Ini Kata Pria Vs Wanita

Apakah menurutmu perempuan dan laki-laki tetap bisa berteman walau sudah menjadi mantan?

Kalo aku, selama putusnya baik-baik ya gapapa, sih. Aku pun juga gitu, masih temenan sama mantan sampai sekarang. Cuma, kalo putusnya gak baik-baik, apalagi si mantan ngomong yang gak bener tentang kita ke orang lain, yaa jaga jarak aja mendingan.

Apakah kamu masih sering berkomunikasi dengan mantan?

Masih chattingan kok kadang-kadang. Dia itu dulu temen deket di kelas, satu geng gitu deh. Ada sih mantanku yang nge-unfriend aku di Facebook, eh sekarang malah request friend lagi. Gak begitu aku tanggepin kalo yang itu.

Jika kamu atau mantan sudah punya pasangan yang baru, apakah kalian tetap bisa berteman?

Aku bisa aja sih, nggak tau kalo si mantan. Habis putus dari aku, dia pernah pacaran sama sahabatku zaman SMP dan dia ngejauh sendiri sih. Bukan aku yang menghindari dia.

Apa pesanmu untuk mantan yang bisa menjadi temanmu?

Terima kasih ya telah hadir di hidupku. Setidaknya aku bisa belajar dari kesalahan yang ada untuk mendapatkan hubungan dan pasangan yang lebih baik lagi. Kita tetap temenan, ya!

Fitria Febriyani, Customer Service

Berteman Dengan Mantan, Ini Kata Pria Vs Wanita

Apakah kamu bisa berteman dengan mantan?

Bisa doong. Tapi ya temen di media sosial aja, cuma sekadar liat story-nya doang. Kadang-kadang nge-chat kalo pas butuh, tapi gak pernah ketemu lagi.

Apa alasanmu membatasi pertemanan dengan mantan?

Emm, apa yaa, cukup tau aja sih dia masih hidup apa nggak. Aku nggak pengen musuhan, tetep baik-baik aja, tapi ya itu, cukup tau aja.

Jika kamu atau mantan sudah punya pasangan yang baru, apakah kalian tetap bisa berteman?

Hahaha, kayaknya enggak, deh. Ya itu tadi, pokoknya cukup tau aja sedikit kabarnya. Nggak berminat buat sering chat apalagi sering ketemu.

Nah Sobat Energi itu lah beberapa pandangan dari pria dan wanita tentang pertemanan dengan mantan. Jika kita memulai suatu hubungan dengan baik, maka sebaiknya jika harus berakhir, akhirilah dengan cara yang baik pula.

Ingat kita adalah makhluk sosial, bisa jadi di masa depan kita butuh bantuan mantan, lho. Lagi pula, menjaga tali silaturahmi pasti dianjurkan dalam setiap agama.

Jadi, Sobat Energi #TimTemenan atau #TimMusuhan dengan mantan?

Related Articles

Back to top button