tumbasin
nampak petugas delivery pesanan sayur (doc tumbasin.id
BusinessEnergi MudaKita Indonesia

Berkah Covid-19, Tumbasin.id Panen Order Sayuran via Online

0

ENERGIBANGSA.ID, SEMARANG – Memahami pentingnya edukasi masyarakat untuk menjaga jarak dan meminimalisir kontak fisik di pasar tradisional, Pemerintah Kota Semarang menggalakkan belanja online melaluai aplikasi Tumbasin.id untuk memudahkan masyarakat berbelanja di pasar tradisional.

Selain juga sebagai upaya menghidupkan kembali pasar tradisional yang sempat lesu karena dampak covid-19.

Hendrar Prihadi, Walikota Semarang menjelaskan bahwa Tumbasin.id merupakan aplikasi belanja online di pasar tradisional, ciptaan Mahasiswa dan Pemuda Semarang.

“untuk ibu rumah tangga bisa order malam hari dan akan diantar pagi hari, ini bisa menghemat waktu dan mengurangi kontak fisik selama pandemi,” ujarnya.

Fuad Hasbi, co-Founder Tumbasin.id, juga mengungkapkan bahwa fenomena covid-19 ini menjadi berkah tersendiri bagi startUp digital yang dirintisnya.

Kepada tim energibangsa.id, Fuad mengaku transaksi di Tumbasin.id sejak awal pandemi 17 Maret mengalami peningkatan hingga 8 kali lipat. Meski sekarang grafiknya sudah turun, namun kesadaran masyarakat akan digitalisasi pasar sudah terbangun.

“kami sudah bekerjasama dengan pedagang di tiap pasar, sehingga bisa membatasi belanja (secara kontak fisik) di pasar, di sisi lain pedagang juga diuntungkan karena ada tambahan order dari tumbasin,” jelasnya.

Ratusan Transaksi Setiap Hari

Kepada energibangsa.id, Fuad mengaku orderan masih banyak didominasi sayuran.

“tetap didominasi sayuran, mas. paling banyak wortel, daun bawang, tempe, dan ayam,” terangnya.

Saat ditanya berapa perputaran rupiah dalam transaksi per-hari, Fuad memilih bungkam. “maaf, itu tidak untuk dipublish, mas.. yang jelas, ada ratusan transaksi dan rata-rata (setiap) order seratusribuan,” terangnya.

StartUp yang dikomandoi oleh Bayu Mahendra Saubig ini berkomitmen untuk terus membantu pemerintah dalam mengurangi keramaian di pasar dengan mengkampanyekan belanja di tumbasin.

Memahami dampak positif yang bisa diupayakan oleh Tumbasin.id, Fuad dan tim akhirnya membuka cabang di kota Yogyakarta, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Tangerang Selatan.

“Dalam waktu dekat akan, kami juga akan buka di Depok dan Bekasi,” pungkasnya.

Semoga aplikasi karya anak bangsa ini menjadi salah satu energi positif yang bisa diupayakan bersama. Sudah download aplikasi Tumbasin.in belum? yuk, berbenah dan bergerak bersama.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Ikatan Istri Partai Golkar Jateng Sambangi Korban Banjir Pekalongan

Previous article

Selain Sesuai Protokol Kesehatan, Pilkada Serentak 2020 Juga Mengandung Sentuhan Online

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Business