Inspirasi Bangsa

@beresinkosmu: Bisnis ‘Gila’, di Tengah Corona

0

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Pandemi virus Covid-19 (corona) memang di satu sisi membuat mimpi buruk sebagian besar masyarakat. Akan tetapi, tidak bagi mahasiswi di Kota Semarang, Cyrose Narawangsa Ridwan S.

Mahasiswa semester akhir salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut saat ini mewujudkan ide gila Anggita dan Novia Rahma yakni menjalankan bisnis membereskan kos orang lain dengan memanfaatkan media sosial instagram.

Kegiatan packing barang milik klient di salah satu kosan di Kota Semarang (sumber: istimewa)

Menurut Cyrose, ide tersebut muncul di saat teman-teman kuliahnya pulang kampung, akibat libur pandemi. Di satu sisi kebanyakan mahasiswa telah berada di kota asalnya, di sisi lain, pembayaran sewa kos harus tetap jalan. Sementara, barang kepemilikannya masih berada di kamar masing-masing.

Bagi sebagian besar mahasiswa kenyataan itu menjadi masalah dan repot. Maka, itu menjadi peluang bagi Cyrose dan genk-nya untuk berbisnis packing barang-barang anak kos dengan menggunakan akun @beresinkosmu sebagai media promosi.

“Cerita awalnya, waktu itu temennya kak Anggita ada yang minta bantuan untuk packing dan dikirim ke kampung aslinya gitu. Temennya nawarin untuk ngebayar kak Anggita dan kak Novia. Jadi ya tawaran itu diambil. Terus makin lama makin banyak yang minta tolong juga. Akhirnya tercetuslah ide untuk bikin jasa @beresinkosmu itu di Jogja” jelas Cyrose.

Usaha packing dan kirim barang-barang kos dengan sasaran mahasiswa, sebenarnya baru dimulai sejak awal Mei lalu. Bisnis itu tercetus di Yogyakarta namun tak lama, langsung melakukan ekspansi pasar hingga Solo dan Semarang.

Kegiatan packing barang milik klient di salah satu kosan di Kota Semarang (sumber: istimewa)

“Mulai usahanya dari awal Mei. Lupa, pastinya, tanggal berapa. Tapi pertengahan Juni kita memulai ekspansi hingga Semarang”, ujarnya.

Buka di Semarang

Kini, bisnis dengan platform @beresinkosmu telah hadir di kota lumpia, Semarang. Cyrose Narawangsa Ridwan S. sendiri bertindak selaku kepala bagian dengan jabatan Chief Officer Semarang.

Kesuksesan platform di kota gudeg tersebut, rencananya tetap akan terus dijalankan. Apalagi pandemi corona yang juga berdampak ketidakpastian, sehingga tetap memberikan peluang Cyrose untuk menjalankan bisnis di kota asalnya.

“Berusaha dilanjutin mas. Siapa tau habis ini bisa bikin aplikasi, terus bisa nambah jasa gitu kaya pindahan rumah/pindahan kantor”, sebutnya.

Di tengah pandemi ini, Cyrose menyebut bisnis yang digelutinya sebenarnya lebih efektif.

“Efektif, jadi enak. Ndak perlu bayar kos, karena barang telah kita kirim ke kota asal. Terus, dari pada bolak-balik dari kampung ke Semarang, saya rasa bisa lebih hemat dengan menggunakan jasa kami”, paparnya.

Di akhir percakapan, Cyrose berpesan agar anak muda tak harus bergantung dengan lapangan pekerjaan.

“Saatnya kita yang menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau emang nemuin peluang bisnis, hajar aja. Generasi kita emang dituntut untuk lebih kreatif lagi” pungkasnya. (dd/EB).

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Belajar Daring: Tak Punya Kuota? Soul Cafe Beri Bantuan Internet Gratis!

Previous article

Pabrik Pajero Tutup, Kenapa?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.