virus
Opini

Berburu Masker Meski Mahal

0

oleh : Jonathan Cristianto

ENERGIBANGSA.ID – Virus NCov-2019 atau Virus Corona sudah berdampak pada dua orang warga Depok Jawa Barat. Tak jauh dari Jakarta. Namun berita resmi yang diumumkan Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Terawan ini sontak menyulut perkembangan lain.

Saya berharap sobat energi menyimak dengan benar, jangan tergesa-gesa menulis komen, malahan jika perlu tak usah. Namun cukup waspada saja.

Memang tak disalahkan setiap orang akhirnya berjaga-jaga mencegah terkena virus mematikan itu. Kain masker banyak diburu dan saya membuktikan di banyak toko yang saya kunjungi menyatakan habis. Bahkan sudah lama dikatakan habis. Kalau pun ada, harganya sudah tak normal.

Tissue basah ikut diburu orang, karena dianggap penting juga untuk menjaga kebersihan demi menjaga terkena penularan virus.
Sarung tangan ikut-ikutan laris manis.

Toko tradisional, toko modern dan swalayan besar sampai menuliskan waspada virus corona pada jenis-jenis barang yang dianggap lagi diburu orang. Ya, sah-sah saja asal harga masih wajar.

Namun yang jelas efek pengumuman Senin siang ini menimbulkan pengaruh luas. Di mana-mana orang membahas corona. Tak dipungkiri di setiap media sosial pasti pada membahasnya.

Juga pasar uang pun ikut terimbas. Bursa saham ikut tiarap. Banyak peminat saham mengalami loss. Mau melarang orang menjadi takut juga tak bisa. Karena virus ini memang mematikan. Tiap hari korban bertambah secara global.

Dunia industri banyak yang kesulitan bahan baku. Dunia pariwisata anjlok karena turis asing berhenti, penerbangan banyak berkurang, tingkat hunian hotel merosot. Penikmat restoran pasti ikut susut.
Dunia biro jasa wisata juga mesti berpikir untuk bisa bertahan hidup. Ibadah umrah pun ikut terdampak meskipun sifatnya penundaan jadwal sementara.

Berjaga diri memang perlu. Menjaga kebersihan diri, ajarlah anak cuci tangan, tak jajan sembarangan. Banyaklah minum air putih jangan biarkan tenggorokan kering. Ada saran minum air kunyit/jahe/temulawak yang hangat untuk menjaga diri dari virus.

Saran lain, tiap makan, tambahkah sebutir bawang putih dikremus, dan yang pasti dekatkanlah diri kita pada yang Kuasa. Siapa lagi akan kita tuju jika tak ada solusi selain tertuju pada yang Maha Kuasa?

*Pemerhati sejarah dan sosial, senior MIK Semar

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Gus Yusuf: Santri Harus Mandiri, Jangan Antre Jadi PNS

Previous article

Menjaga Ukhuwah Muhammadiyyah – NU

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Opini