fbpx
Kabar Daerah

Belum Punya Rumah? Pemrov Jateng Bakal Buatin Rumah Baru Untukmu, Lho!

SEMARANG, energibangsa.id—Kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah masih terus dilakukan tak terkecuali mengenai pembangunan dan perbaikan hunian warganya.

Bantuan yang dilakukan seperti pembangunan rumah susun sewa. Pembangunana rumah di daerah rawan bencana dan juga pembiayaan kepemilikan rumah.

Tahun 2020 Pemerintah Provinsi Jateng memiliki program untuk memberikan bantuan pembuatan rumah baru. Adapun konsep yang ditawarkan yakni Rumah Unggul Sistem Panel Instan (Ruspin) dengan target pembangunan 250 unit sampai akhir tahun 2020.

Pembangunan Ruspin terkonsentrasi di 15 Kabupaten yaitu  Purworejo, Wonosobo, Banjarnegara, Pemalang, Brebes, Blora, Rembang, Klaten, Sragen, Temanggung, Demak, Pati, Jepara, Kebumen, dan Grobogan.

Dalam pembangunannya juga bekerjasama dengan Kementrian PUPR,pemerintah kabupaten,pemerintah desa dan dana sosial perusahaan.

Realisasi bantuan

Program Ruspin progresnya sudah mencapai 79% dengan tujuan membantu masyarakat yang kurang mampu atau yang berada di daerah rawan bencana untuk mendapatkan hunian yang layak.

Sedangkan program Rusunawa yang bekerjasama dengan Kementrian PUPR  hingga tahun 2018 sudah terealisasi sebanyak 193 unit.

Realisasi program Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) pada tahun 2019 sebanyak 39.706 unit. Untuk realisasi Bantuan Pembangunan Perumahan Berbasis Tabungan (BPPBT) pada tahun 2019 sebanyak 631 unit. Target BPPBT tahun 2020 sebanyak 68.654 unit.

Bantuan perbaikan rumah layak huni pada tahun 2019 telah dilakukan sebanyak 102.559 ribu rumah. Sedangkan untuk tahun 2020 masih dalam proses pendataan dimana telah tercatat sebanyak 85.105 unit rumah.

Dengan adanya program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam hal pembangunan dan bantuan rumah layak huni bagai warganya merupakan wujud bentuk kepedulian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan warganya dan mewujudkan rumah ynag sehat bagi masyarakat Jawa Tengah. (Warda/EB)

Related Articles

Back to top button