Teknologi

Belajar dari Rumah; Pilih Laptop atau Smartphone?

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran secara online kita tentu membutuhkan perangkat untuk mendukung belajar.

Ilustrasi perangkat laptop dan smartphone

Namun beberapa diantaranya ada yang bingung dalam memutuskan pilihan; laptop atau smartphone sebagai perangkat pendukung kegiatan belajar secara online.

Kali ini kita akan membahas hal itu, dan semoga artikel ini akan membantu sobat energi yang bingung memilih perangkat dalam mendukung kegiatan belajar.

Terkait pilihan itu, sebenarnya bergantung pada kebutuhan masing-masing orang. Apakah orang itu lebih membutuhkan laptop atau smartphone, dan inilah jawabannya.

Ilustrasi perangkat lunak dan kecanggihannya

Pertama-tama kita bisa menentukan kegiatan belajar seperti apa yang akan dilakukan, dan dari sini saja sebenarnya kita sudah bisa memilih antara laptop atau smartphone.

Namun jika belum bisa kita lanjut siapakah yang akan menggunakan perangkat tersebut? Apakah mahasiswa atau pelajar SD/SMP/SMA/K?

Jika yang akan menggunakan adalah mahasiswa saya lebih menyarankan untuk memilih laptop dari pada smartphone. Sebab, tugas mahasiswa akan banyak berkutat dengan perangkat laptop seperti membuat makalah menggunakan ms.word dan sebagainya.

Sebenarnya bisa saja membuat tugas dengab menggunakan smartphone. Namun hal ini akan lebih merepotkan daripada menggunakan laptop. Hal ini akan lebih nyaman ketika harus mengetik dalam waktu yang lama.

Sedangkan untu pelajar, saya lebih menyarankan untuk menggunakan smartphone. Hal ini karena lebih memudahkan dalam penggunaan serta banyak pula tersedia aplikasi bimbel pada smartphone.

Pun, kebutuhan pelajaran juga belum terlalu membutuhkan laptop. Di sisi laon, ditinjau dari harga juga jauh lebih terjangkau daripada harga laptop.

Dan, itulah beberapa tips untuk memilih perangkat dalam mendukung pembelajaran. Jika sobat energi ingin meningkatkan skill atau belajar hal baru,silakan menghubungi sekolah.energibangsa.id. (Ulil/ EB).

Related Articles

Back to top button