Soeharto, Presiden Ke-2 RI (Foto: Jawapos)
Soeharto, Presiden Ke-2 RI (Foto: Jawapos)
Ekonomi & BisnisKabar Indonesia

Belajar dari Kesalahan Presiden Soeharto, Inilah Manfaat Pembukuan

0

ENERGIBANGSA.ID – Dalam kuliah umum yang diselenggarakan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada September tahun lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan beberapa hal terkait pembukuan pada era Presiden Soeharto.

Sri Mulyani mengatakan bahwa saat itu Indonesia tidak memiliki neraca sehingga Barang Milik Negara (BMN) tidak dicatat dengan baik dan terkesan asal bangun. Ia juga menambahkan akibat dari tidak adanya pembukuan adalah terjadinya kerjasama antara kementerian yang memiliki BMN dengan pihak swasta yang kemudian menghasilkan pendapatan dan masuk ke kantong pejabat.

“Pak Harto 30 tahun bangun banyak sekali, tidak ada pembukuannya”, ujarnya kala itu.

Setelah Indonesia mengalami kriris tahun 1998 dan memiliki Undang-Undang Keuangan Negara dan Pembendaharaan Negara, barulah pemerintah melalui Kementerian Keuangan mulai membangun neraca keuangan untuk keperluan administrasi yang lebih baik.

Menyikap hal tersebut, lantas apa saja manfaat dari pembukuan? Berikut telah Energi Bangsa rangkum untuk Anda.

Mengetahui Setiap Transaksi yang Telah Dilakukan Oleh Perusahaan

Tujuan utama dari pembukuan adalah untuk mengetahui setiap aktivitas transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan. Dengan adanya pembukuan maka akan diketahui transaksi apa saja telah dilakukan, bagaimana aliran dana, distribusi barang, dan lainnya. Diperlukan ketelitian dalam proses input transaksi agar tidak ada yang terlewat.

Mengetahui Besarnya Keuntungan atau Kerugian Perusahaan

Dengan mengetahui detail setiap transaksi serta aliran arus distribusi uang dan barang dalam perusahaan, maka dapat diketahui pula estimasi untung yang nantinya akan didapatkan atau sebaliknya (rugi) yang harus ditanggung oleh perusahaan. Dari pencatatan setiap transaksi yang ada, maka akan terdapat beberapa angka-angka yang bisa menunjukkan tentang bagaimana perkembangan keuangan dari bisnis Anda.

Sebagai Bahan Terhadap Penilaian Bisnis

Apabila telah didapatkan laba maka Anda dapat menyusun strategi dalam mempertahankan keberlangsungan dari bisnis agar tetap bisa memberikan keuntungan yang maksimal. Begitu pula jika ternyata diperoleh informasi bahwa perusahaan telah mengalami kerugian dari bisnis yang telah selama ini dijalankan. Maka pembukuan seperti ini bisa dijadikan sebagai dasar acuan dalam mempertimbangkan langkah-langkah yang akan dilakukan.

Itulah beberapa manfaat dari pembukuan yang dapat Energi Bangsa berikan. Mari belajar dari kesalahan dan terapkan perbaikan, ya.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Memikat Seseorang dengan Amalan Zikir, Bolehkah?

Previous article

BPS : Neraca Perdagangan Indonesia Mei 2019 Surplus US$ 210 Juta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.