karhutla
BudayaKita IndonesiaNewsPojok BangsaSemangat Bangsa

Bekas Karhutla, Ditemukan Benda Peninggalan Sejarah Kerajaan Sriwijaya

0

ENERGIBANGSA.ID – sejumlah benda peninggalan sejarah ditemukan pada bekas kebakaran lahan gambut bekas kebakaran dan lahan (karhutla) di Kabupaten Ogan komering Ilir (OKI) Sumatra Selatan.

Arkeolog Sumatera Selatan Retno Purwanti mengungkap bahwa banyak warga berbondong-bondong datang ke lokasi karhutla yang berada di Kecamatan Cengal, Tulung Selapan dan Air Sugihan dengan adanya kabar ditemukanya benda-benda peninggalan sejarah.

Benda peninggalan sejarah dari Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang bermumculan diatas permukaan bekas karhutla. Dilansir dari ccnindonesia.com benda-benda peninggalan sejarah tersebut berupa perhiasan dan logam mulia.

“adanya barang yang berbahan emas, perhiasan kuno mata kucing berbentuk kalung buatan Mesir dan negara Indopasifik. Ada juga yang menemukan perhiasan kuno lainya. Kalau dilihat dari ukiran dan bentuknya, emas itu buatan zaman kedatuan Sriwijaya abad 9 hingga 14” ujar Retno (3/10/19).

Selain ditemukan berbagai macam perhiasan dan logam ditemukan juga sejumlah artefak yang berasal dari kapal seperti kemudi, papan serta dayung. Adanya penemuan benda-benda ini diduga daerah ini merupakan kawasan perdagangan atau pelabuhan besar Kerajaan Sriwijaya hingga Kesultanan Palembang.

Pencarian benda-benda bersejarah sebenarnya telah dilakukan warga daerah Sumatera sejak 2015 silam. Menurut Retno pencarian benda bersejarah yang dilakukan oleh warga tanpa dilaporkan dahulu pada balai Arkeologi menyulitkan para peneliti untuk merangkai peristiwa sejarah masa lampau.

Di Air sugihan sendiri banyak ditemukan benda peninggalan sejarah abad 9 hingga 12. Sementara pada kawasan Cengal banyak ditemukan benda peninggalan sejarah abad 12 hingga masa kerajaan Seiwijaya. Dari berbagai temuan benda kuno, diduga terjadi pergeseran pusat perdagangan dari masa Sriwijaya sampai Kesultanan Palembang.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Ini Kisi-Kisi Penilaian Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Previous article

Lakukan Ini di Rumah untuk Atasi Rasa Lelah

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Budaya