fbpx
Gaya Hidup

Yuk Simak Tips Menata Isi Kulkas Biar Nggak Cepet Basi

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Melansir The Kitchn dan Goodhousekeeping, ternyata tata letak menyimpan makanan di kulkas berpengaruh pada keawetan makanan loh.

Pada bagian pintu kulkas, yang suhunya sering naik turun baiknya tempat untuk menaruh bahan makanan yang memiliki daya tahan kuat.

Nah, Sobat Energi, ini dia beberapa tips tata letak penyimpanan makanan di kulkas agar makanan kamu lebih tahan lama.

1. Rak atas

Bagian ini diisi dengan sisa makanan, minuman dan makanan siap saji seperti yogurt dan keju.

2. Rak bawah

Rak bawah sebaiknya diisi dengan bahan makanan mentah untuk masakan yang dimasak.

3. Pintu kulkas

Pintu kulkas menjadi bagian paling hangat di kulkas karena sering dibuka tutup. Jadi tempat ini cocok sekali untuk menaruh bumbu kering.

Idealnya, jangan letakkan telur atau susu di dalam pintu, karena harus diletakkan di bagian yang lebih dingin di lemari es. Seperti di rak bawah bagian dalam. Menyimpan telur di pintu kulkas justru membuat kesegarannya cepat berkurang.

Jika kamu membeli susu baru, jangan lupa melakukan rotasi untuk menaruh yang lama agak depan dan yang baru di bagian dalam ya.

Sama halnya dengan telur, lokasi yang direkomendasikan untuk menaruh telur adalah di rak atas atau tengah kulkas, beserta karton atau plastik tempat telur.

4. Laci kulkas

Laci kulkas dirancang untuk menahan produk pada kelembaban tertentu, seperti buah atau sayur. Selain itu juga dapat digunakan untuk menyimpan daging mentah. Apabila meletakkannya pada satu laci, daging dan sayuran dapat diberi plastik penyekat untuk menahan tetesan air pada daging mentah sehingga kesegaran daging maupun sayuran dapat tetap terjaga.

Nah, begitu peta untuk meletakkan makanan kamu di kulkas agar tetap awet dan terjaga kesegarannya Sobat Energi. Selamat mencoba ya! (Annisaa/EB/kompas).

Related Articles

Back to top button