fbpx
Kesehatan

Begini Tips Buat Ibu Hamil yang Gak Doyan Makan, Mual dan Suka Muntah

ENERGIBANGSA.ID–Bukan lagi menjadi sesuatu yang tabu bahwa gejala hamil adalah mual dan mutah.

Malah, jika ketika hamil tidak merasakan gejala itu dianggap aneh bagi sebagian orang.

Namun, benarkah anggapan bahwa hamil memang sudah seharusnya merasakan gejala mual dan mutah ?

Penyebab Mual dan Mutah

Mual dan muntah diakibatkan oleh hormon estrogen dan progesteron, juga hormon beta HCG.

Rasa kembung, perut penuh, sembelit diakibatkan oleh hormon progesteron karena hormon ini membuat gerakan peristaltik lambung dan usus melambat.

Seringnya merasakan mual dan muntah membuat wanita hamil enggan untuk makan.

Bahkan pada kondisi yang berat, sekadar membayangkan, mendengar, atau mencium bau makanan sudah bisa memicu muntah.

Terkadang hal unik bisa terjadi , misal mendadak tidak suka pada makanan yang sudah biasa dikonsumsi sehari-hari.

Atau sebaliknya mendadak muncul keinginan kuat terhadap makanan tertentu yang biasanya tidak pernah/jarang sekali dimakan. 

Catat, Tipsnya

Lalu, bagaimana bumil bisa tetap ternutrisi di tengah-tengah banyak rasa tidak nyaman? Melansir dari Republika, berikut tipsnya :

1.Makan dalam jumlah sedikit tetapi sering.

2.Hindari makanan berlemak dan berbumbu tajam.  Namun makanan sedikit pedas terkadang bisa membantu.

3.Pilih makanan kering atau berkuah segar.

4.Tidak harus makan dengan menu standar, misalnya nasi dan lauk pauk.  Tetapi bisa berimprovisasi.

Yang penting unsur-unsur zat gizi terpenuhi.  Misalnya  nasi diganti kentang, singkong, atau ubi.  Daging-dagingan diganti telur atau protein nabati.

5.Bila mual saat minum air putih, buatlah infuse water atau air jahe atau air apa saja.

6.Susu tetap dianjurkan diminum, tetapi sama sekali tidak ada kewajiban untuk mengonsumsi susu hamil.  Susu dengan rasa buah dan dikonsumsi dalam keadaan dingin akan terasa lebih nyaman.

7.Pilihan lain dari susu adalah yoghurt.

8.Jahe bisa membantu mengurangi mual.  Bisa dalam bentuk infuse water, wedang jahe, susu jahe, atau bahkan permen jahe.

9.Pilihan lain adalah asam atau tamarind.

10.Jangan paksakan mengonsumsi makanan/minuman yang menimbulkan mual, namun carilah subtitusinya.

11.Silakan mencari resep-resep baru di internet atau di buku-buku memasak yang saat ini sudah sangat banyak jumlahnya. Ada juga resep-resep khusus untuk ibu hamil muda.

Apabila kiat-kiat di atas bisa membantu memperbaiki asupan makanan, maka lanjutkan.

Sesekali muntah adalah wajar, dan jangan patah semangat untuk makan lagi beberapa saat seusai muntah ya, Bun.

 (Ara/ EB)

Related Articles

Back to top button