fbpx
Gaya Hidup

Begini Tips Atasi Mulut Kering, Dijamin Ampuh!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Untuk sebagian orang ada beberapa fase yang menyebabkan mulut menjadi kering. Umumnya mulut kering disebabkan oleh kurangnya minum air, cuaca yang panas dan kering, tidur dengan mulut terbuka, atau bahkan merupakan efek samping dari pengobatan tertentu.

Neha Vyas, MD, seorang Dokter Pengobatan Keluarga menuturkan jika beberapa obat, radiasi, dan kemoterapi juga dapat merusak kelenjar ludah dan menyebabkan mulut menjadi kering. Mulut kering yang dibiarkan begitu saja tentunya dapat mengganggu kesehatan mulut dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti:

1.    Halitosis (bau mulut)

2.    Gigi berlubang

3.    Infeksi jamur

4.    Gingivitis (penyakit gusi)

5.    Pemasangan gigi palsu yang tidak tepat.

“Mulut kering biasanya sembuh dengan sendirinya, satu hingga dua bulan setelah menyelesaikan kemoterapi, tetapi bisa bertahan enam bulan hingga satu tahun setelah melakukan radiasi ke kepala dan leher,” kata Dr. Vyas.

Berikut telah kami rangkumkan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi mulut kering.

1. Menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari dehidrasi

Minumlah air dalam jumlah cukup sepanjang hari sebanyak delapan hingga 12 gelas setiap harinya. Kecuali jika dokter menyarankan untuk tidak melakukannya karena beberapa alasan.

Biasakan untuk membawa botol minum kemanapun agar terbiasa minum kapanpun itu.

2. Permen karet atau permen

Bagi sebagian orang, mengunyah permen karet tanpa gula atau permen bebas gula mampu membantu mengatasi mulut kering.

Namun jangan lupa, pastikan permen tersebut bebas gula untuk mencegah konsumsi kalori dan karbohidrat yang berlebih.

3. Menghindari alkohol, kafein dan jus asam

Pada malam hari usahakan untuk menghindari konsumsi kopi, jus yang terbuat dari buah-buahan sitrus dan win. Jangan lupa mengecek jika ada alkohol tersembunyi yang ada pada produk seperti obat kumur.

4. Basahi makanan

Basahi semua makanan kering dengan kaldu, saus, susu, atau mentega cair. Karena kelenjar liur tidak menghasilkan cukup air liur, cara ini bisa membantumu mengunyah dan menelan makanan lebih mudah.

5. Tidak merokok

Merokok atau mengunyah tembakau bisa memperparah mulut kering. Berhenti merokok bisa menjadi cara paling penting yang bisa dilakukan, tidak hanya untuk membantu mengatasi mulut kering tetapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

6. Menggunakan pelembab udara

Penggunaan pelembab udara di malam hari bisa membantu melembabkan udara sekitar saat kita tidur.

7. Menggosok gigi setiap setelah makan

Lembutkan sikat gigi dengan secangkir air hangat agar sikat lebih lembut ketika menggosok gusi. Pastikan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Gunakan bilasan fluorida untuk mencegah kerusakan gigi jika kamu sedang menjalani perawatan radiasi.

8. Berkonsultasi dengan dokter

Dokter dapat memberitahumu tentang produk yang khusus dibuat untuk mengatasi mulut kering. Mereka juga bisa menyiapkan resep obat yang berfungsi sebagai pengganti air liur dan lainnya yang mampu menstimulasi kelenjar liur untuk memproduksi lebih banyak liur di mulut.

Namun jika merasa bahwa kering mulut semakin membuat tidak nyaman atau bahkan lama untuk menghilangkannya, alangkah lebih baik jika segera menghubungi dokter dan berkonsultasi untuk perawatan. (EB/kompas).

Related Articles

Back to top button