fbpx
Hukum

Begini Cara Balik Nama Kendaraan Bermotor

ENERGIBANGSA.ID  ̶  Setelah membeli kendaraan ‘seken’, biasanya pembeli kendaraan akan melengkapi salah satu persyaratan administrasi yaitu membalik nama kendaraan.

Balik nama adalah proses mengganti nama pemilik di STNK dan BPKB kendaraan motor. Tujuannya agar memudahkan pemilik kendaraan baru ketika membayar pajak tahunan atau lima tahunan.

Pemilik kendaraan baru juga tak perlu repot-repot meminta KTP pemilik kendaraan lama ketika membayar pajak.

Cara balik nama

1.Siapkan Dokumen Balik Nama

Sama seperti membayar pajak tahunan. Pemroses bisa datang ke kantor Samsat terdekat secara langsung.

Tetapi sebelum itu, siapkan dahulu dokumen seperti BPKB asli, STNK asli, KTP pemilik baru dan kuitansi pembelian kendaraan.

Kuitansi sebaiknya menyebutkan nomor rangka dan mesin, serta warna kendaraan dan pelat nomor. Jangan lupa untuk menyertakan fotocopi semua dokumen persyaratan di atas.

2.Cek fisik

Balik nama mirip seperti proses membayar pajak lima tahunan. Jadi pemilik baru harus mengecek fisik kendaraan untuk memastikan nomor rangka dan rangka mesin. Minta formulir blangko cek fisik ke petugas.

3.Lanjut ke Loket Balik Nama STNK

Setelah cek fisik, kita masuk ke loket berikutnya yakni loket balik nama. Serahkan formulir blangko cek fisik tadi serta bayar untuk mengganti nama di STNK.

4.Ambil Pelat Baru di Loket Percetakan

Setelah membayar pajak, pindah ke loket pencetakan TNKB, biasanya kita diminta menyerahkan satu lembar STNK dulu sebagai bukti kepemilikan.

5.Ganti Nama BPKB ke Polda

Langkah terakhir, karena Samsat hanya bisa mengganti nama di STNK. Jadi untuk mengganti nama di BPKB kita di arahkan untuk ke Polda terdekat.

Nah, itu dia, tata cara membalik nama kendaraan bermotor. Estimasi waktu memprosesan sekitar 3 jam, jadi siapkan hari yang pas untuk mengurusnya. Semoga bermanfaat! (Ara/ EB)

Related Articles

Back to top button