fbpx
Nasional

Begini Syarat dan Alur Pendaftaran Perekrutan Guru P3K, Simak Yuk…

SEMARANG, energibangsa.id – Pemerintah telah mengumunkan tidak ada lagi penerimaan  Pegawai Negeri Sipil bagi guru. Sebagai gantinya, pemerintah melakukan perekrutan guru dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK/P3K).

Bagi yang masih bingung perbedannya, ini nih yang membedakan PNS dan P3K jika dilihat dari beberapa hal. P3K merupakan ASN non PNS, nantinya mendapatkan jabatan administrative dan jabatan fungsional di instansi pemerintahan.

Sedangkan jika ilihat dari besaran gaji dan tunjangan yang akan didaptkan, P3K sama dengan PNS. Namun, yang membedakan adalah P3K tidak mendapatkan dana pension. Pada tahun ini, pemerintah akan melakukan perekerutan 1juta tenaga P3K di seluruh Indonesia.

Bagi yang ingin mendaftar P3K, cek dulu persyaratannya ya agar bisa mempersiapkan sedini mungkin. Walaupun, syarat P3K tahun 2021 belum resmi dikeluarkan, persyaratan tahun 2019 bisa dijadikan rujukan juga. Lantas, apa saja ya persyaratannya?

  1. Memiliki usia serendah-rendahnya 20 tahun dan setinggi-tingginya 1 tahun sebelum batas usia tertentu di formasi yang dipilih. Jika saat ini berusia lebih dari 35 tahun, masih bisa mengikuti program ini.
  2. Tidak pernah dipidana penjara, di mana pidana penjara yang dimaksud adalah pidana hasil putusan pengadilan dan memiliki kekuatan hukum tetap.
  3. Tidak berstatus sebagai PNS, PPPK, TNI, Polri, atau swasta yang pernah diberhentikan secara tidak hormat.
  4. Bukan pengurus partai, baik anggota maupun pengurus. Artinya, tidak boleh terlibat dalam politik praktis.
  5. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan yang dilamar.
  6. Dibuktikan secara sah sehat jasmani dan rohani.

Setelah beberpa persyaratan diperhatikan, kalian bisa langsung mendaftar melalui portal SSCASN. Begini nih alur pendaftarannya :

1. Cara Daftar Akun di SSCASN
  1. Buka portal SSCASN
  2. Pilih menu PPPK di tampilan portal SSCASN
  3. Pilih menu registrasi
  4. Lakukan registrasi dengan mengisi nomor peserta ujian K-11, tanggal lahir, NIK, nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, password, pertanyaan keamanan, dan mengunggah foto berekstensi .jpg atau .jpeg berukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb.
  5. Setelah data pada kolom registrasi terisi, silahkan cetak Kartu Informasi Akun.
2. Cara Login

Untuk login, kita bisa masuk ke portal/laman SSP3K menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Lalu, lengkapi data sesuai cara di bawah ini.

3. Cara Melengkapi Data

Sebelum melengkapi data, kita harus berfoto dengan memegang Kartu Informasi Akun. Hal ini merupakan bukti bahwa kita sudah mendaftarkan akun di SSP3K. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Unggah foto yang sedang memegang Kartu Informasi Akun
  2. Pilih formasi dan melengkapi identitas pendidikan
  3. lengkapi biodata
  4. Unggah persyaratan berkas yang diminta, misalnya scan ijazah, transkrip, bukti akreditasi universitas, dan sebagainya
  5. Jangan lupa untuk selalu memastikan kebenaran data yang telah diinput dan mengecek isian pada form Resume.
  6. Cetak kartu pendaftaran.

Setelah beberapa step pendaftara telah dilakukan, pendaftar bisa mengecek dokumen dan berkas apakah sudah terverifikasi oleh tim verifikator apa belum. Patikan semuanya sudah terverifikasi ya.

Jika pendaftaran tahap awal ini dinyatakan lulus, instansi yang kita lamar akan mem=nentukan proses seleksi. Contohnya saja akan ada tes P3K. Sedangkan untuk pelaksanaan tes, bisa selalu memperbarui informasi yang ada di laman resmi instansi yang dilamar agar tidak ketinggalan info.

Jadi, begitulah kira-kira apa saja yang sayarat dan alur pendaftaran dari perekrutan P3K. Semoga beruntung ya. (*)

Related Articles

Back to top button