fbpx
Ekonomi & Bisnis

Begini Syarat Daftar BLT UMKM Tahap 2

JAKARTA, energibangsa.id Dalam rangka membantu pelaku usaha UMKM terdampak Covid-19, pemerintah menyediakan 3 juta kuota dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Bantuan Presiden (Banpres).

Sebagian masyarakat pelaku usaha telah menerima bantuan tersebut sejak gelombang 1. Saat ini, Program Bantuan Presiden (Banpres) tahap 2 juga telah dibuka pada 13 Oktober lalu.

Jadi, pelaku UMKM yang memenuhi syarat didorong untuk mendaftarkan diri dan usahanya sebelum tanggal penutupan yaitu 25 November mendatang.

Syarat dan kriteria

Untuk syarat dan kriteria sebenarnya masih sama dengan gelombang 1, sebagai berikut.

  • Dinyatakan sebagai WNI, mempunyai NIK dan KTP
  • Memiliki Usaha Mikro (berdagang, menjahit, bengkel, penjual gorengan dan masih banyak lain).
  • Calon penerima juga bukan pegawai pemerintahan seperti PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN dan BUMD.
  • Calon penerima juga tidak memiliki kredit di bank, serta wajib memiliki saldo di bank penyalur (baca: biasanya BRI) kurang dari Rp2 juta
  • Wajib memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU).

Bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp2,4 juta per penerima. Adapun pencairan tahap 2 sendiri telah mulai dicairkan

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menyalurkan untuk 3 juta penerima. Adapun sejauh ini, pemerintah telah menyalurkan banpres produktif untuk 9 juta UMKM dengan dana yang dikucurkan sekitar Rp21 triliun.

Dengan tambahan 3 juta UMKM di penyaluran tahap 2, maka total UMKM yang akan mendapatkan banpres produktif sebanyak 12 juta UMKM. Dengan demikian, total dana yang akan dikeluarkan pemerintah sekitar Rp28 triliun. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button