fbpx
Nasional

Begini Pesan Gus Mus pada Menag Yaqut saat Sowan ke Rembang

SEMARANG, energibangsa.id—Malam Natal, Kamis (25/12) lalu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) memang sedang perjalanan ke Jawa Tengah. Selain memastikan kegiatan misa di GPIB Immanuel (Gereja Blenduk) Semarang. Gus Yaqut juga melakukan kunjungan ke sejumlah tempat.

Salah satu lokasi yang dikunjunginya yakni Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa Tengah, Jumat (25/12). Di pesantren yang diasuh KH Mustofa Bisri (Gus Mus) itu, Gus Yaqut sowan untuk bertemu Gus Mus.

Pesan Gus Mus

Dalam kunjungannya, Gus Yaqut mendapatkan dua pesan khusus dari KH Mustofa Bisri (Gus Mus). Pesan pertama, keharusan menjaga amanah yang telah diberikan kepadanya dan menghindari perilaku korupsi dan kolusi. 

Pesan kedua, Gus Mus meminta Gus Yaqut merangkul semua pihak untuk dapat memiliki perasaan yang sama terhadap negara Indonesia. Meskipun masyarakat memiliki latar belakang suku, bahasa, dan agama yang berbeda.

“Tidak penting latar belakangnya apa, kelompok, agama, dan ras apa. Semua kita ajak untuk bersama-sama mencintai Indonesia,” ujarnya, dikutip dari laman Kemenag.

Dengan mencintai Indonesia maka cita-cita pemerintah untuk menjadikan negara ini lebih baik dan lebih maju akan lebih mudah dicapai.

Safari di Jateng

Pertemuan itu merupakan rangkaian kunjungan silaturahmi Gus Yaqut pasca dilantik menjadi Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/12).

Kegiatan silaturahmi ini diawali dengan berziarah ke maqbarah kakeknya, KH. Bisri Mustofa dan ayahnya, KH Cholil Bisri. Kegiatan safari dilanjut menuju ke kediaman Gus Mus.

Tak hanya itu, Gus Yaqut juga mengunjungi KH Najih MZ di Sarang, Rembang. Ia juga berkunjung ke Pesantren Tahfidzul Qur’an Narukan Kragan Rembang yang diasuh KH Bahaudin Nur Salim (Gus Baha). Serta, sowan ke Habib Luthfi di Pekalongan Jawa Tengah. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button