Gaya Hidup

Begini Lho Cara Ampuh Usir Tikus dari Rumah

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Tikus adalah hewan pengerat yang amat mengganggu. Tak jarang tikus memakan berbagai benda di rumah, mulai dari makanan, baju, hingga barang lainnya. Hal ini tentu membuat penghuni rumah geram dan ingin mengusirnya ditambah dengan kotoran tikus yang terbukti membawa bakteri penyakit.

Dihimpun dari berbagai sumber berikut cara mengusir tikus dari rumah kamu.

1. Menggunakan Perangkap

Menggunakan perangkap jebakan tikus disebutkan oleh ahli tikus dari IPB Swastiko Priyambodo sebagai hal yang terhitung efektif untuk menghilangkan tikus dari rumah. Kamu dapat memilih perangkap tikus berupa perangkap hidup (life trap) maupun perangkat mati (death trap), tapi jangan lupa untuk mencuci perangkap yang sebelumnya telah digunakan dengan sabun, air panas maupun air cucian beras untuk menghilangkan bekas feromon sehingga tidak dicurigai oleh tikus lain.

Cara menggunakan perangkap cukup mudah, kamu cukup memberikan umpan, bisa berupa kelapa bakar, selai kacang maupun makanan yang tinggi protein seperti daging. Kemudian letakkan perangkap pada tempat yang bervariasi dan tidak hanya berfokus pada satu tempat saja. Perangkap bisa diletakkan jalur tikus maupun tempat yang menarik bagi tikus.

2. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Meski tidak 100% mengusir tikus secara permanen, tapi tak ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini. Kamu bisa gunakan berbagai jenis minyak seperti minyak cengkeh, minyak peppermint, atau olive oil. Hal ini disebabkan tikus tidak menyukai aroma yang menurut manusia menyegarkan ini. Cara penggunaannya juga mudah, kamu cukup memasukan gumpalan kapas kedalam larutan minyak dan letakkan di tempat tikus sering terlihat.

Bau bawang yang menyengat juga bisa diandalkan untuk membuat tikus menjauh dari sekitar rumah kamu. Jangan lupa untuk mengganti bawang yang diletakkan disekitar lubang dua hari sekali, agar baunya tetap terus terjaga.

Bubuk kentang yang memiliki rasa enak menurut tikus bisa dimanfaatkan dengan menyebarkannya di berbagai tempat. Tikus akan memakan serbuk kentang ini dan serbuk yang masuk dalam tubuh tikus akan membuat ususnya membengkak dan akhirnya mati terbunuh

3. Dengan Pengendali Kimiawi

Penggunaan rodentisida (bahan yang mengandung senyawa kimia beracun yang digunakan untuk mematikan berbagai jenis binatang pengerat) bisa menjadi salah satu upaya dan dinilai lebih efektif dibandingkan dengan bahan alami lho. Tapi ya minusnya kalau tikus yang kamu incar mati di depan kamu, agak sedikit jijik membuangnya ya..

4. Menggunakan Suara Ultrasonik

Metode pengusiran menggunakan suara ultrasonik dapat digunakan dengan memanfaatkan suara jangkrik. Dengan gelombang suara, tikus akan terganggu dan berusaha mencari sumber suara serta berupaya supaya suara tersebut tidak berbunyi lagi.

Nah , itu dia beberapa cara untuk mengusir tikus ala Energi Bangsa. Sobat Energi bisa mempraktekannya dan dijamin rumah kamu akan terbebas dari serangan hama tikus. Jangan lupa untuk mengontrol celah pada rumah untuk memastikan tidak ada jalur bagi tikus untuk menyusup ke rumahmu kembali. Selamat mencoba, sob! (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button