fbpx
Gaya Hidup

Begini Efek Samping Masturbasi yang Sering Dilakukan Para Jomblo!

ENERGIBANGSA.IDSejauh ini, masturbasi tidak diketahui dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun, ada beberapa efek samping fisik dan emosional yang potensial.

1.Rasa bersalah

Banyak orang mengalami rasa bersalah setelah masturbasi, sering kali karena keyakinan agama, budaya, atau spiritual mereka. Kendati demikian, masturbasi adalah aktivitas seksual yang normal dan sehat, sehingga kita tidak perlu merasa malu untuk itu.

Jika kita merasa bersalah melakukan masturbasi, kita mungkin perlu untuk berbicara dengan seseorang yang dipercaya atau terapis yang berspesialisasi dalam kesehatan seksual.

2. Kecanduan

Kecanduan masturbasi mengacu pada kecenderungan masturbasi yang tidak terkendali. Tidak ada diagnosis klinis untuk kecanduan masturbasi dan masih ada perdebatan apakah itu harus diklasifikasikan sebagai kecanduan atau paksaan.

Tanda-tanda bahwa kita mungkin telah mengembangkan kebiasaan masturbasi yang tidak sehat jika:

  • Masturbasi mengganggu kehidupan sehari-hari
  • Merasa sulit untuk berhenti berpikir tentang masturbasi
  • Sering masturbasi, bahkan ketika kita tidak terangsang
  • Masturbasi di depan umum
  • Masturbasi berdampak negatif pada hubungan atau kehidupan sosial
  • Menggunakan masturbasi untuk menangani emosi negatif
  • Membatalkan rencana atau acara untuk masturbasi

Beberapa orang dapat berurusan dengan kecanduan masturbasi sendiri, tetapi banyak orang juga mendapat manfaat dari berbicara dengan terapis seks.

Jangan keseringan!

Bagi pria, apabila masturbasi dilakukan terlalu sering maka akan mengganggu saraf dan mengurangi rasa kepuasan. Kondisi ini dijuluki “death grip syndrome”.

Seiring waktu, sindrom ini akan membuat kita sulit untuk orgasme tanpa mereplikasi gerakan yang sama. Wanita juga dapat mengalami kondisi serupa, di mana saraf menjadi kurang sensitif dari masturbasi dengan tekanan berlebihan.

Jika sudah mulai merasa kurang sensitif, sebaiknya kita beristirahat sejenak dari masturbasi selama beberapa minggu, atau mengubah teknik untuk menggunakan lebih sedikit tekanan.

Sering masturbasi juga dapat menyebabkan rasa sakit atau lecet. Jika ini terjadi, kita dapat mencoba beristirahat sampai ketidaknyamanan mereda. Menggunakan pelumasan saat masturbasi dapat mencegah rasa sakit. (*)



*Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Masturbasi Bisa Merusak Fungsi Ginjal, Benarkah?”,

Related Articles

Back to top button