fbpx
Ragam Bangsa

Begini, Cara Penulisan Uang Rupiah (Rp) yang Benar

energibangsa.id — Sobat energi, tata cara penulisan rupiah (Rp) menjadi menarik. Hal ini karena banyak yang mendebatkan cara penulisan rupiah yang benar. Jadi, menulis rupiah nampak cukup mudah diucapkan tetapi sedikit yang salah dalam penulisan.

Menulis mata uang rupiah keluaran Bank Indonesia harus didahului dengan simbol “Rp”, yakni menggunakan huruf awal (R) berupa huruf kapital, baik yang ditulis di awal maupun yang di tengah kalimat.

Yang peling penting, antara simbol dan bilangan (angka/ nominal) tidak perlu diberi jarak spasi. Jadi, setelah penulisan simbol langsung diikuti angka yang menunjukkan jumlah nominal uang. Sebagai contoh: Rp12.000.000,00. (Jadi jarak huruf “p” dengan angka “1” tidak dispasi).

Dasar penulisan

Cara menulis dengan tidak memberikan spasi itu bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya ulah pihak yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, ada orang iseng yang menambahkan angka diantara jarak (spasi) antara simbol Rp dan nominal maka kita pasti “kacau”.

Sebagai contoh, seseorang menulis Rp12.000.000,00, maka bisa diganti/ ditambahi angka didepannya; menjadi Rp 212.000.000,00, atau Rp 512.000.000,00. Jadi, berat ya sob !

Penulisan bilangan dalam rupiah juga perlu menggunakan tanda titik (.) yang berfungsi sebagai pemisah ribuan (thaousands separator) dan tanda koma (,) yang berfungsi sebagai penanda desimal.  

Di Indonesia, penggunaan istilah “IDR” (Indonesian rupiah) sebagai pengganti Rp (rupiah) sudah mulai diterapkan. Namun penggunaan IDR yang paling tepat jika dilihat menurut hukum D-M adalah dengan meletakkannya di belakang nominal uang. 

Pedoman EYD/EBI pada Bab V Pasal E Ayat 5 mengenai keterangan tanda hubung, ada juga yang menjelaskan aturan menulis perubahan dalam menulis nominal uang. Penulisan lambang bilangan yang mendapat akhiran -an lazim ditulis seperti uang lima ratusan menjadi uang 500-an. Bisa juga lima uang seribuan menjadi lima uang 1.000-an. (dari banyak sumber/dd/EB)

Related Articles

Back to top button