fbpx
Gaya HidupRagam Bangsa

Begini Cara Mengetahui Nasib Rumah Tangga Berdasarkan Weton

ENERGIBANGSA.ID – Dalam adat tradisi masyarakat Jawa, weton adalah salah satu aspek yang diyakini dapat mempengaruhi nasib seseorang, tak terkecuali jodoh.

Biasanya, sebelum menggelar pernikahan, para sesepuh terlebih dahulu akan melakukan penghitungan weton untuk calon pengantin. Tujuannya guna mengetahui apakah mereka cocok bila berjodoh dan bagaimana nasib rumah tangga mereka kelak.

Wah, menarik ya. Kalau Sobat Energi tertarik untuk mengetahuinya, yuk coba hitung wetonmu bersama Tim Energi Bangsa!

Sebelumnya, kalian harus tahu hari kelahiran dan hari pasaran ketika dilahirkan. Kemudian diawali dengan menghitung neptu atau nilai dasarnya terlebih dahulu. Dalam penanggalan Jawa, terdapat lima hari pasaran dengan nilai tertentu.

Berikut adalah rinciannya

Hari lahir

  • Senin, nilainya 4
  • Selasa, nilainya 3
  • Rabu, nilainya 7
  • Kamis, nilainya 8
  • Jumat, nilainya 6
  • Sabtu, nilainya 9
  • Minggu, nilainya 5

Hari pasaran

  • Wage, nilainya 4
  • Kliwon, nilainya 8
  • Legi, nilainya 5
  • Pahing, nilainya 9
  • Pon, nilainya 7

Setelah mengetahui weton yang dimiliki, mulailah dengan menghitung neptu. Contohnya bila kalian lahir pada hari Senin pasaran pahing, maka jumlahkan nilai 4 dan 9, hasilnya nilai neptu yang didapat adalah 13.

Begitu pun dengan weton pasangan, tentukan nilai neptunya. Misalkan pasangan lahir Rabu pasaran kliwon, maka jumlahkan nilai 7 dan 8, hasilnya nilai neptu pasangan adalah 15.

Setelah itu jumlah nilai neptu kalian dengan pasangan lalu dibagi 7. Pada contoh kasus ini berarti 13+15 = 28, lalu dibagi 7 hasilnya adalah 4. Nah nilai akhir ini lah yang diyakini dapat menggambarkan kehidupan rumah tangga.

Berikut penjelasannya sebagaimana dikutip dari PernikahanAsia.

Angka 1, memiliki arti Pisang Pinunggel. Ramalan angka satu ini memiliki arti yang kurang bagus karena rumah tangga yang dibuat diibaratkan sebagai pisang pinunggel atau pisang yang dipotong menjadi dua bagian lalu ditanam kembali. Jika begini, tentu ada satu bagian yang akan mati, kan?

Inilah maksud dari pisang pinunggel itu. Jika kalian memulai rumah tangga dengan ramalan ini, rumah tangga tersebut akan berakhir cepat dengan salah satu di antara Anda akan meninggal tak lama setelah memiliki anak pertama. Jika anak pertama adalah laki-laki, maka yang mati adalah si ayah. Sedangkan bila anaknya perempuan, maka yang mati adalah si ibu.

Angka 2, ramalan pada perhitungan jodoh berdasarkan weton satu ini memiliki arti keteduhan pohon beringin. Maksudnya adalah rumah tangga yang dibina akan mendapatkan keteduhan, ketentraman serta kebagahian hingga akhir hayat. Ketentraman ini didapat dari semua sisi kehidupannya.

Angka 3, memiliki arti Gedhong Rembulan. Maksudnya adalah rumah tangga yang akan dibina akan mendapat kemudahan dalam hal rezeki dan anak-anak yang baik. Namun rumah tangganya tak akan berlangsung lama karena adanya perselingkuhan, perselisihan, ataupun salah satunya sering sakit-sakitan.

Angka 4, memiliki arti Bale Kedhawang atau rasa was-was, gelisah serta menghadapi banyak masalah dalam kehidupannya. Pernikahan ini akan mendapatkan masalah di segala sisi mulai dari ekonomi, kesehatan, keturunan dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pernikahan pasangan dengan angka ini diramalkan tidak berjalan lama.

Angka 5, Liman Pasungan yang memiliki arti akan sulit mendapatkan keturunan meskipun pernikahannya sudah berlangsung puluhan tahun. Meskipun berhasil mendapatkan anak, anak tersebut juga akan sakit-sakitan dan tak berumur lama.

Angka 6, memiliki arti Warak Pangrungruman yang artinya rumah tangga mereka dipenuhi dengan rezeki yang melimpah. Mereka akan cepat kaya, mendapat kehormatan pada lingkungannya serta menjadi pasangan yang ideal. Namun, rumah tangga mereka pun tidak akan bertahan lama karena suatu sebab.

Angka 0 alias habis, artinya Garangan Macan. Pasangan yang memaksa menikah meskipun hitungannya adalah 0 diyakini akan memiliki rumah tangga yang berjalan tak harmonis. Itu dikarenakan salah satunya lebih mendominasi dan mengganggap pasangannya bukan pasangan.

Meski begitu, Sobat Energi jangan terlalu menganggap serius perhitungan ini, sebab ini hanyalah sebuah ramalan. Tetap pasrahkan segala nasib dan takdir pada sang pencipta dan diiringi dengan keyakinan bahwa Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik untuk makhuk ciptaan-Nya.

Related Articles

Back to top button