fbpx
Religius

Begini 6 Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

ENERGIBANGSA.ID—Bulan Rajab dalam kalender Hijriah adalah bulan ketujuh. Bulan ini sangat istimewa karena terjadinya Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Dalam Al Quran juga disebutkan keistimewaan bulan Rajab yakni surat At Taubah ayat 36.

Pada bulan Rajab umat Muslim dilarang berbuat zalim.

Bahkan pada zaman Nabi, pada bulan Rajab dilarang diadakan perang.

Bulan-bulan yang diharamkan untuk perang lainnya yakni Muharram, Dzulqa’dah, dan Zulhijjah.

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” (QS At Taubah ayat 36).

Puasa Rajab = Sunnah

Syekh Wahbah Az Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillathuhu menyebut bahwa menurut Mahzab Maliki dan Safii, puasa di bulan Rajab hukumnya sunnah.

Rajab termasuk satu dari empat bulan suci dalam Islam selain Ramadhan.

Tiga dari bulan suci itu berurutan, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Sementara satu lagi bulan terpisah yakni Rajab.

“Bulan-bulan ini adalah yang paling utama untuk diisi dengan puasa setelah bulan Ramadhan. Di antara keempat bulan ini, yang paling utama adalah Muharram lalu Rajab,” tulis Prof. Wahbah.

Berikut 6 keutamaan puasa rajab dilansir dari situs Kementerian Agama Kabupaten Kudus:

1. Seperti Melaksanakan Puasa Sebulan

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.” (HR At-Thabrani).

2. Dicatat Amalnya Selama 60 Bulan

Dari Abu Hurairah (sahabat Nabi Muhammad SAW), Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.”

3. Apabila Puasa Selama 7 hari pada bulan Rajab maka akan menutup pintu neraka baginya.

4. Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya.

5. Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa-dosanya dan diganti dengan kebaikan.

6. Apabila puasa sehari pada bulan Rajab maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Rasanya manis melebihi madu. (*)

Related Articles

Back to top button