fbpx
Kabar Daerah

Bawaslu Semarang: Pilwalkot 2020 Sukses Lancar Jaya

SEMARANG, energibangsa.id – Telah berakhir sudah rangkaian alur dari Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang pada akhir tahun 2020 lalu.

Badan yang turut mengawasi jalannya Pilwalkot Semarang 2020 dari awal mengatakan puas dan menilai semua berjalan sukses sebagaimana yang diharapkan.

Indikator keberhasilan dilihat dari setiap tahapan mulai pemutakhiran data pemilih, pencalonan, penetapan calon, kampanye, pungut hitung, hingga rekapitulasi berjalan dengan lancar.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin, usai penetapan pasangan calon terpilih Pilwakot Semarang 2020 di Hotel Pesonna, Kamis (21/1/2021).

Selain tahapan berjalan lancar, Amin menyebutkan, protokol kesehatan dijalankan dengan ketat sehingga tidak muncul klaster pilkada.

Dari sisi hasil pengawasan, Kota Semarang terbilang cukup kondusif lantaran selama tahapan berlangsung hanya muncul pelanggaran administrasi saja. Sedangkan, pelanggaran pidana tidak ada karena Bawaslu lebih menekankan pola preventif.

“Prinsipnya semua berjalan dengan baik. Ini atas kerjasama penyelenggara oemilu dan semua stakeholder. Pilwakot Semarang terbilang sukses,” ucapnya.

Hanya saja, sambung dia, ada beberapa hal teknis saja yang perlu dibenahi, semisal proses distribusi logistik. Bawaslu saat itu menemukan adanya kekurangan distribusi logistik.

Hal lain yang perlu diperbaiki untuk pesta demokrasi berikutnya, menurutnya, yaitu terkait regulasi. Sebagai pihak penyelenggara, dia mengikuti regulasi yang ditetapkan oleh pusat. Namun kenyataan di lapangan, ada beberapa regulasi yang membuat penyelenggara cukup kewalahan.

“Misal pemutakhiran pemilih itu hal krusial. Seharusnya dikasih waktu yang lama karena proses e-KTP perlu waktu lama. Kedua, proses prerekrutan harus diperpanjang. Tidak mendadak yang akhirnya penyelenggara kewalahan,” sebutnya. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button