fbpx
Ekonomi & Bisnis

Bantuan Pemerintah Masih Dibuka, Yuk Pelaku Usaha Intip Persyaratannya!

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) – Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) telah memasuki tahap V.

Meskipun demikian para pemilik usaha mikro yang belum sempat mendaftarkan diri masih memiliki kesempatan untuk mengajukan dirinya.

Menurut pernyataan Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki, pemilik usaha dapat mendatangi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) di Kabupaten maupun Kota di wilayahnya masing-masing.

Selama target yang telah ditetapkan masih belum terpenuhi, maka para pemilik usaha masih dapat mendaftarkan dirinya.

 “Masih, masih bisa daftar,” ujarnya saat dilansir dari Kompas.com, Kamis (3/9).

Teten mengungkapkan jika dari sebanyak 12 juta pemilik usaha yang ditargetkan. Hingga saat ini baru 61% pemilik usaha mikro yang telah mendapatkan bantuan.

Sementara pada tahap V ini, ada sebanyak 2.676.057 pelaku usaha mikro yang telah dicairkan.

Hingga saat ini, jumlah total dari pemilik usaha yang telah menerima bantuan sebagaimana data yang diperoleh tim energibangsa.id adalah sebanyak 5.591.204 dengan total nilai sebesar Rp 13,4 triliun.

Sebelumnya Teten mengatakan bantuan ini tidak sembarang diberikan ke pengusaha mikro.

Hanya pengusaha mikro yang memiliki kriteria yang telah disepakati saja yang layak mendapatkan bantuan ini.

Sementara untuk kriterianya, disebutkan dia, adalah pengusaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbakable), dan pelaku usaha merupakan WNI.

Kemudian, mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul, bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri ataupun pegawai BUMN/BUMD. (tata/EB)

Related Articles

Back to top button