Opini / Gagasan

Bantuan Langsung Tunai di Masa Pandemi Sudah Tepat?

ENERGIBANGSA.ID ̶  Sudah hampir dua tahun lamanya indonesia mengalami pandemi Covid ̶ 19.

Dengan adanya pandemi ini berdampak pada berbagai sektor, selain kesehatan.

Salah satu yang paling berdampak adalah bidang ekonomi. Di mana banyak sekali karyawan yang di PHK dikarenakan terganggunya kegiatan ekonomi.

Lalu, bagaimana solusi dari permasalahan tersebut?

Pemerintah telah membuat berbagai kebijakan yang dikeluarkan. Mulai dari PPKM, PSBB, dan berbagai kebijakan lain yang dirasa mampu untuk mengatasi pandemi yang sedang berlansung.

Tapi fakta di lapangan justru membuktikan bahwa dengan adanya kebijakan tersebut membuat masalah baru yang semakin banyak. Apakah itu?

Karyawan yang bekerja di pabrik-pabrik banyak yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karena pabrik banyak yang mengalami penurunan omset dan ada juga yang hampir bangkrut.

Sehingga sekarang pengangguran meningkat drastis, sehingga masyarakat menjadi kesulitan dalam hal kelangsungan hidupnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah membuat kebijakan dengan menurunkan bantuan langsung tunai yang diberikan langsung kepada masyarakat yang terdampak.

Tapi pertanyaan yang muncul adalah sudah tepatkah kebijakan tersebut?

Akibat banyak ditemukan  ketidaktepatan sasaran dalam pendistribusiannya, bagaimana mungkin orang yang perekonomiannya menengah keatas mendapatkan bantuan tersebut.

Penulis mengatakan seperti ini karena di lingkungan terjadi demikian. 

Banyak orang yang kurang mampu justru luput dari pendistribusiannya, sehingga malah memunculkan permasalahan baru yang berupa kecemburuan sosial. Siapakah yang salah?

Sebaiknya diawali dengan RT terlebih dahulu, misalnya mendata dan mensurvei warganya yang akan menerima bantuan BLT agar tidak salah sasaran.

*Erlin Andhira Putri, Mahasiswa Manajemen FE Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button