Gaya HidupKabar IndonesiaKesehatan

Bantu Redakan Nyeri Haid dengan 4 Makanan Ini

Energibangsa.id (Semarang)—Bagi seorang perempuan saat haid melanda terkadang terasa begitu menyakitkan. Biasanya para perempuan akan merasakan rasa nyeri kram di perut  bagian bawah hingga merasa demam. Hal ini membuat tak nyaman di sekitaran perut dan mengganggu kegiatan sehari-sehari.

Namun sekarang para perempuan tak perlu khawatir dengan rasa sakit yang terjadi selama haid. Dilansir dari Boldsky, ada beberapa makanan yang dapat meringankan rasa sakit yang menerjang ketika haid datang.

Makanan-makanan ini diyakini dapat membantu seseorang untuk meredakan rasa nyeri yang dialami hingga mengembalikan mood  ketika haid tiba. Dan berikut adalah makanan-makanan tersebut yang telah dihimpun oleh tim energibangsa.id :

  • Cokelat Hitam

Haid

Cokelat hitam kaya akan kandungan cokelat di dalamnya dimana mengandaung zat dopamine yang bisa meningkatkan perasaan bahagia. Sementara sama dengan coiklat, coklat hitam juga mampu meningkatkan kadar serotin yang terkemas dalam senyewa lain dan zat antioksidan sehingga dapat meningkatkan mood dan energi.

Menurut Psikolog, Ajeng Raviando, sebenarnya cokelat tidak benar-benar meredakan rasa sakit haid, tapi karena adanya faktor yang mampu mengalihkan kita pada sesuatu yang menyenangkan maka rasa sakit itu tak akan terasa.

  • Sayuran Hijau

Haid

Untuk meringankan rasa sakit itu, para perempuan diwajibkan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam, sawi hijau dan sebagainya.

Ketika haid perempiuan akan kehilangan banyak darah dan bersamaan dengan itu banyak nutrisi seperti zat besi, magnesium, dan kalium yang tersimpan dalam darah turut hilang. Hal ini pada akhirnya menyebabkan seorang perempuan kelelahan, pusing dan penglihatan kabur.

  • Yogurt

Haid

Tidak sedikit para perempuan merasakan kram dan nyeri pada perut bagian bawah sehingga membuat kesakitan. Hal ini dapat diatasi dengan meminum yogurt.

Yogurt diketahui bisa membantu meringankan rasa haid dan menyediakan jumlah kalsium yang hilang melalui pendarahan haid.

  • Jahe

Haid

Dalam jahe teradapat senyawa bioaktif utama bernama Gingerol. Zat tesebut dapat membantu meredakan kembung dan mual yang merupakan dua gejala yang biasa terjadi saat haid.

Menghirup teh jahe segar dapat membantu meringankan kram perut yang menyakitkan dan mengurangi rasa sakit secara efektif .

Related Articles

Back to top button